[SALAH] Sekampung Mendadak Pecah Akibat Gempa Sapu Karangasem Bali 7 Agustus 2024

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Klaim yang mengatakan Bali kocar kacir, sekampung mendadak pecah akibat Gempa di Karangasem, Bali adalah tidak benar. Faktanya gempa ringan yang terjadi tidak menimbulkan dampak yang signifikan terhadap infrastruktur maupun keselamatan.

===========

[KATEGORI]: Konten Dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/YSiwlBMzPwM (arsip)

===========

[NARASI]: “BALI KOCAR KACIR GEMPA DARAT MENGERIKAN
SEKAMPUNG MENDADAK PECAH!! DETIK² GEMPA DARAT SAPU KARANGASEM BALI HARI INI”

===========

[PENJELASAN]: Pada 7 Agustus 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul Bali kocar kacir, sekampung mendadak pecah akibat Gempa di Karangasem, Bali.

Namun, setelah disimak dan dilakukan pencarian Google ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh News.okezone.com yang berjudul “Gempa M2,8 Guncang Karangasem Bali”. Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa terjadi gempa yang menghancurkan Karangasem, Bali.

Dilansir dari News.okezone, Gempa berkekuatan magnitudo 2.8 terjadi di Karangasem, Bali. Pusat gempa terjadi di laut dengan kedalaman 20 km Tenggara Karangasem. Dilansir website resmi BMKG, gempa terjadi sekitar pukul 22.14 WIB. Gempa terjadi di 8.43 Lintang Selatan (LS), 115.69 Bujur Timur (BT).

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik. Meskipun gempa dengan magnitudo kecil seperti ini biasanya tidak menyebabkan kerusakan serius, warga diharapkan tetap waspada dan selalu mengikuti informasi resmi dari pihak yang berwenang terkait aktivitas seismik di wilayah mereka.

Meski gempa ini tergolong kecil dengan magnitudo 2,8, warga sekitar sempat merasakan getaran ringan. Tidak ada laporan mengenai kerusakan bangunan atau korban jiwa akibat gempa ini. Pihak berwenang setempat segera melakukan pemeriksaan di beberapa lokasi untuk memastikan tidak ada dampak yang signifikan terhadap infrastruktur maupun keselamatan.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan Bali kocar kacir, sekampung mendadak pecah akibat Gempa di Karangasem, Bali adalah tidak benar. Faktanya gempa ringan yang terjadi tidak menimbulkan dampak yang signifikan terhadap infrastruktur maupun keselamatan.

===========

 [REFERENSI] :

https://news.okezone.com/read/2024/08/07/244/3045284/gempa-m2-8-guncang-karangasem-bali