[SALAH] Penampilan Cheerleader Korea Utara di Olimpiade Paris 2024

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya video yang beredar tersebut diambil pada saat cheerleader Korea Utara tampil di Winter Olympics 2018 yang diadakan di Korea Selatan, video tersebut tidak terjadi di Olimpiade Paris 2024.

===========

[KATEGORI]: Konteks yang salah

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/VPCYl (arsip)

===========

[NARASI]: Penampilan Supporter Korea Utara di Olimpiade Paris, 2024

===========

[PENJELASAN]: 

Sebuah unggahan di Tiktok menampilkan video yang diklaim adalah penampilan tim cheerleader Korea Utara di Olimpiade Paris 2024. Dalam video tersebut terlihat Korea Utara membawa tim cheerleader perempuan dengan seragam yang berwarna merah.

Namun, jika melakukan pengecekan di Yandex.com ditemukan hasil jika video yang beredar di Tiktok tersebut bukan merupakan kejadian yang terjadi saat Olimpiade Paris 2024 berlangsung.

Video tersebut serupa dengan video yang diunggah di channel Youtube BNR pada 10 Februari 2018 yang lalu dengan judul video “North-Korean cheerleaders on the Winter Olympics of 2018”.

Faktanya video tersebut diambil pada saat acara Winter Olympics 2018 atau disebut juga PyeongChang 2018 berlangsung. Sehingga dapat disimpulkan jika video yang beredar di Tiktok tersebut bukan video cheerleader Korut di Olimpiade Paris 2024, melainkan video cheerleader Korut di acara PyeongChang 2018.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=TOTnDs-AK38&t=1s