[SALAH] Iran Pamer Rudal Al Jahanam

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, benda yang diklaim adalah sebuah rudal milik Iran merupakan sebuah tangki absorber yang biasa digunakan dalam industri kimia. 

=====    

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====    

Sumber: Twitter
https://arsip.cekfakta.com/archive/1723175771.318365/index.html

=====    

Narasi   
Dalam latihannya, Iran pamer rudal al jahanam.

Rudal al jahanam ini yang buat Israel menangis ketakutan & mencari tempat aman utk berlindung.
Niat mau berlindung dibalik batu & pohon gorgot. Tpi batu & pohon gorgot bisa ngimong & memberitahu “ini orang Yahudi ada dibelakangku”.

=====   

Penjelasan:   
Sebuah akun twitter @ProfOnline_id memposting sebuah video yang memperlihatkan sebuah rudal yang diklaim merupakan milik Iran. Postingan tersebut diunggah pada tanggal 9 Agustus 2024. 

Setelah dilakukan penelusuran dengan google search image, sebuah tangki besar dalam video tersebut yang diklaim merupakan sebuah rudal, sebenarnya merupakan tangki absorber yang biasa digunakan dalam industri kimia. Dilansir dari carblogindia.com, transportasi yang digunakan untuk mengangkut tangki tersebut merupakan sebuah truk trailer yang didesain khusus untuk mengangkut tangki berukuran besar dan berat dengan bantuan 320 ban pada truk. 

Dalam video juga diperlihatkan terdapat tulisan berbahasa China pada tangki tersebut. Gambar tangki tersebut juga identik dengan salah satu artikel ruitrailer.com mengenai truk trailer yang biasa digunakan untuk mengangkut tangki minyak dan gas. 

Setelah dilakukan penelusuran pada google dengan kata kunci “rudal Iran” juga banyak artikel yang memperlihatkan bentuk rudal terdapat sisi lancip pada ujungnya. Sedangkan pada video yang dibagikan akun twitter @ProfOnline_id terlihat bahwa di salah satu sisi tidak berbentuk lancip. 

=====     

Referensi:    
https://www.carblogindia.com/video-truck-with-320-tyres/
https://www.ruitrailer.com/rui-heavy-duty-trailer-application-of-oil-gas.html
https://internasional.republika.co.id/berita/rzkznx335/9-senjata-terkuat-iran-saat-ini