[SALAH] IKN & Balikpapan Tenggelam Proyek Tol dan Perkampungan Ambles

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Klaim yang mengatakan IKN & Balikpapan tenggelam hingga proyek tol dan perkampungan ambles adalah tidak benar. Faktanya banjir yang terjadi di Balikpapan hanya menyebabkan kemacetan di arah Tol Balikpapan-Samarinda.

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/mCJcMXnA6j4 (arsip)

===========

[NARASI]: “IKN & Balikpapan Tenggelam Bak Lautan!! Proyek Tol dan Perkampungan Mendadak Ambles”

===========

[PENJELASAN]: Pada 9 Agustus 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul IKN dan Balikpapan tenggelam bak lautan, proyek tol dan perkampungan mendadak ambles.

Namun, setelah disimak dan dilakukan pencarian Google ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh Detik Finance yang berjudul “Banjir di Balikpapan, Arah Tol Balsam Menuju IKN Macet Parah”. Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa IKN dan Balikpapan tenggelam hingga proyek tol dan perkampungan ambles.

Dilansir dari Detik Finance, hujan lebat disertai angin kencang melanda Balikpapan, Kalimantan Timur. Hujan lebat disertai kilat dan angin kencang mengakibatkan sejumlah ruas jalan tergenang air.

Genangan air menyebabkan kemacetan bagi kendaraan yang menuju ke arah Tol Balikpapan-Samarinda. Kemacetan terjadi di sekitar Jl. Mulawarman hingga arah masuk Gerbang Tol Manggar. Butuh waktu sekitar 1,5 jam dari Jl. Mulawarman untuk bisa masuk ke Gerbang Tol Manggar.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang IKN dan Balikpapan tenggelam hingga proyek tol dan perkampungan ambles adalah salah. Faktanya banjir yang terjadi di Balikpapan hanya menyebabkan kemacetan.

===========

 [REFERENSI] :

https://finance.detik.com/infrastruktur/d-7480859/banjir-di-balikpapan-arah-tol-balsam-menuju-ikn-macet-parah