[SALAH] Cek Kesehatan Lambung Dengan Melihat Gerakan Jari Tangan Kiri

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Tidak ada klaim medis yang valid mengenai klaim kesehatan lambung yang bisa dilihat melalui gerakan jari tangan kiri ini.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/SP3YW

=====

Narasi:
“CEK KESEHATAN LAMBUNG DENGAN TANGAN KIRI”.

=====

Penjelasan:
Akun Facebook bernama Sehat Umi Salsa mengunggah video pendek yang menjelaskan cara memeriksa kesehatan lambung dengan gerakan jari tangan kiri. Pada video tersebut dijelaskan bahwa ketika jari tangan kiri membentuk angka tiga dan jari telunjuk serta jari tengah masih tetap bisa lurus, itu berarti lambung dari orang tersebut masih sehat. Video tersebut telah disukai oleh 15 orang, dikomentari 17 kali, serta telah dibagikan ulang sebanyak empat kali.

Ketika dilakukan pencarian mengenai teknik ini, tidak ada jurnal ilmiah atau pendapat dari pakar kesehatan mengenai cara ini. Sebaliknya, hasil pencarian justru memperlihatkan banyak artikel debunk mengenai klaim ini, salah satunya yang ditulis oleh media Tempo pada artikelnya yang berjudul “Keliru, Video Tes Kesehatan Lambung dengan Tangan Kiri”.

Selain itu, media Liputan 6 juga telah membahas informasi tersebut. Melansir dari pernyataan dr. Fajri di artikel Liputan 6, pemeriksaan lambung harus melalui pemeriksaan fisik ke dokter yang dilanjutkan dengan cek darah, dengan proses yang panjang dan tidak sederhana.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun Facebook “Sehat Umi Salsa” merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/3013/keliru-video-tes-kesehatan-lambung-dengan-tangan-kiri


https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5649728/cek-fakta-hoaks-deteksi-kesehatan-lambung-dengan-melihat-gerakan-jari-tangan-kiri?page=2