[PENIPUAN] Challenge Bantuan Online Jokowi

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, tidak terdapat informasi resmi dari media sosial Presiden Joko Widodo terkait challenge tersebut. Akun tiktok tersebut juga bukan merupakan akun asli dari Presiden Joko Widodo. 

=====    

KATEGORI: Konten Tiruan

=====    

Sumber: Tiktok
https://ghostarchive.org/archive/cn5be

=====    

Narasi   
BANTUAN ONLINE UNTUK SELURUH MASYARAKAT INDONESIA

=====   

Penjelasan:   
Sebuah akun tiktok Ir.H, Joko Widodo :flag-id:  telah mengunggah sebuah postingan mengenai bantuan online sebesar 500 juta yang didapatkan jika berhasil untuk me-screenshot gambar sesuai dengan pola serta telah memfollow dan membagikan postingan tersebut kepada 50 orang. 

Setelah dilakukan penelusuran dengan mengecek akun tiktok tersebut, ternyata telah mengunggah beberapa postingan mengenai konten dengan konteks yang sama. Akun tersebut juga bukan merupakan akun tiktok resmi Presiden Joko Widodo. Dapat diketahui bahwa Presiden Jokowi tidak memiliki akun tiktok. 

Media sosial resmi yang sejauh ini diketahui milik Presiden Jokowi hanyalah Instagram, Twitter, dan Facebook. Pada laman resmi instagram dan twitter Jokowi juga tidak ditemukan mengenai informasi bantuan online sebesar 500 juta tersebut. Sehingga, postingan tersebut merupakan konten tiruan. 

=====     

Referensi:    
https://www.instagram.com/jokowi?igsh=MWM0MnQ3ZHlpZ2lidg==

https://x.com/jokowi?s=21

https://turnbackhoax.id/2024/06/20/penipuan-akun-tiktok-jokowi83516-berisi-konten-giveaway/