[SALAH] Video Kapal Kargo MSC Manzanillo Berbendera Portugal Terbakar karena Serangan Houthi

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya kapal tersebut adalah MSC Daniela, kapal kargo berbendera Panama, yang terbakar di Sri Lanka. Penyebab kebakaran diduga karena adanya barang berbahaya yang tidak dilaporkan dengan benar atau penempatan muatan dengan cara yang tidak sesuai oleh pengirim muatan. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Instagram

https://bit.ly/4dbiEhJ

= = =

Narasi:

“Rekaman Kapal Kargo berbendera Portugal “MSC Manzanillo” terbakar setelah mendapat serangan Drone Kapal Kamikaze H0uth1 Yaman saat menuju pelabuhan Haifa, Israel.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video yang menunjukkan sebuah kapal kargo yang diklaim merupakan kapal MSC Manzanillo yang berbendera Portugal terbakar karena serangan kelompok Houthi saat sedang berlayar menuju pelabuhan Haifa Israel.

Setelah ditelusuri oleh Pemeriksa Fakta Mafindo dalam laporannya di turnbackhoax, faktanya kapal tersebut merupakan kapal MSC Daniela, diketahui dari laman marinetraffic.com dan juga tercatat di Wikipedia bahwa kapal tersebut berbendera Panama, tidak ada kaitannya dengan Portugal.

Dalam laporannya juga disebutkan video lengkap kebakaran kapal kargo tersebut telah lama terpublikasi di saluran YouTube media asal Sri Lanka, Ada Derana pada April 2017. Sedangkan Houthi mulai memancarkan serangan kepada kapal-kapal yang melintas di Laut Merah dan Laut Arab sejak November 2023 sebagai bentuk solidaritas terhadap terhadap penduduk Palestina atas perang Israel-Hamas di Gaza.

Kebakaran kapal kargo MSC Daniela tersebut terjadi di Sri Lanka pada April 2017. Dilansir dari safety4sea.com, kebakaran diduga karena adanya barang berbahaya yang tidak dilaporkan dengan benar atau penempatan muatan dengan cara yang tidak sesuai oleh pengirim muatan, bukan karena adanya serangan dari luar kapal.

Dengan demikian, video kapal kargo MSC Manzanillo berbendera Portugal terbakar karena serangan Houthi adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.marinetraffic.com/en/ais/details/ships/shipid:459578/mmsi:370892000/imo:9399002/vessel:MSC_DANIELA#:~:text=MSC%20DANIELA%20(IMO%3A%209399002),under%20the%20flag%20of%20Panama.

https://en.wikipedia.org/wiki/MSC_Daniela

https://safety4sea.com/fire-damaged-msc-daniela-enters-third-month-of-repairs/#:~:text=According%20to%20MSC%2C%20the%20most,cargoes%20or%20stowing%20cargo%20inappropriately.

= = =