[SALAH] Indonesia Banjir Seperti Tsunami 7 Agustus 2024

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Klaim yang mengatakan Indonesia mendadak banjir seperti tsunami adalah salah. Faktanya hujan yang melanda wilayah Pitumpanua, Wajo, Sulawesi Selatan hanya menyebabkan banjir setinggi 120 cm.

===========

[KATEGORI]: Konten Dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/yhAChAhPOWs (arsip)

===========

[NARASI]: “MERINDING!! INDONESIA MENDADAK BANJIR SEPERTI TSUNAMI HARI INI 7 AGUSTUS 2024”

===========

[PENJELASAN]: Pada 7 Agustus 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul Indonesia mendadak banjir seperti tsunami hari ini 7 Agustus 2024.

Namun, ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh CNN yang berjudul “10 Ribu Warga Terdampak Banjir Imbas Luapan 2 Sungai di Wajo Sulsel”. Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa terjadi banjir seperti tsunami yang melanda Indonesia.

Dilansir dari CNN, Lebih dari 10 ribu warga di enam desa dan empat kelurahan Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan terdampak banjir, akibat luapan air Sungai Awo dan Sungai Siwa setelah diguyur hujan deras, pada Selasa (6/8/2024).

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terjadi sejak Sabtu (3/8/2024) sampai Selasa (6/8/2024), mengakibatkan debit air di Sungai Awo dan Sungai Siwa meluap, karena tidak dapat menampung debit air yang tinggi. Hal tersebut membuat air memasuki kawasan pemukiman di 6 desa, dan meluas di 4 kelurahan. Ketinggian air mencapai 120 cm. Kondisi air di 6 desa tersebut sudah mulai surut, namun kondisi banjir di 4 kelurahan masih bertahan hingga sekarang.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan Indonesia mendadak banjir seperti tsunami adalah salah. Faktanya hujan yang melanda wilayah Pitumpanua, Wajo, Sulawesi Selatan hanya menyebabkan banjir setinggi 120 cm.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240807125450-20-1130243/10-ribu-warga-terdampak-banjir-imbas-luapan-2-sungai-di-wajo-sulsel