[SALAH] Video Detik-Detik Makam Eky (Kekasih Vina) Dibongkar

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Faktanya judul dan isi video tidak berkaitan. Tidak ditemukan bukti kredibel terkait pembongkaran makam Muhammad Rizky Rudiana (Eky). Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi.
=======
[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi
=======
[SUMBER]: https://arsip.cekfakta.com/archive/1722775663.85436/index.html
=======
[NARASI]:
PEMBONGKARAN MAKAM EKI
IPTU RUDIANA RELAKAN INI DEMI PEMBUKTIAN KASUS
=======
[PENJELASAN]:
Sebuah channel Youtube bernama BENANG MERAH pada 31 Juli 2024 mengunggah video dengan klaim menyatakan pembongkaran makam Eky. Klaim tersebut diperkuat dengan gambar thumbnail yang menampilkan pembongkaran sebuah makan dan tampak Iptu Rudiana selaku sang ayah berdiri di sampingnya.

Setelah dilakukan penelusuran, dilansir dari jeteng.murianews.com, foto makam pada thumbnail tersebut identik dengan olah TKP oleh polisi di makam Mrebet Purbalingga yang dibongkar oleh orang tak dikenal. Selain itu, narator hanya membacakan artikel darI kompas.tv berjudul “Iptu Rudiana Bantah Tangkap dan Aniaya Terpidana Kasus Vina: Hanya Mengamankan”.

Hingga saat ini (4/8/2024) tidak ada bukti kredibel yang menyatakan pembongkaran makam Eky untuk pembuktian kasus pembunuhan Vina yang sedang ramai diperbincangkan. Walaupun demikian, dikutip dari tvonenews.com, Iptu Rudiana mengaku tak masalah jika makam Eky dibongkar untuk keperluan penyidikan lebih lanjut.

=======
[REFERENSI]:
https://www.ayobandung.com/umum/7913264485/sempat-menolak-datang-di-sidang-pk-saka-tatal-terkait-kasus-vina-cirebon-iptu-rudiana-siap-hadir-hanya-jika-hal-ini-terjadi
https://www.tvonenews.com/channel/news/195863-iptu-rudiana-bersedia-jika-makam-eky-dibongkar-untuk-kepentingan-penyidikan

https://jateng.murianews.com/budi-santoso/414511/makam-di-mrebet-purbalingga-dibongkar-warga-gempar