[SALAH] Muhammadiyah Akhirnya Membuat Bank Sendiri

Hasil Periksa Fakta Siti Lailatul Fitriyah

Faktanya belum ada bukti valid yang menyatakan bahwa organisasi Muhammadiyah membuat bank sendiri. Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas mengkonfirmasi bahwasannya belum ada pembicaraan resmi mengenai wacana pembangunan bank Muhammadiyah.

=======

[KATEGORI]: Konten Yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:
https://arsip.cekfakta.com/archive/1722690517.217684/index.html

=======

[NARASI]: “InshaAllah Berkah
MUHAMMADIYAH AKHIRNYA MEMBUAT BANK SENDIRI
BSI BIKIN KECEWA, 9 NAGA KHAWATIR MUSLIM BAKAL NARIK DANA DARI BANK MEREKA DIALIHKAN KE BANK MUHAMMADIYAH”

=======

[PENJELASAN]:

Artikel disadur dari cnbc Indonesia. Sebuah akun X dengan nama pengguna @ShamsiAli2 pada 21 Juni 2024 membagikan informasi yang menyatakan bahwa organisasi Islam Muhammadiyah membuat bank Muhammadiyah sendiri.

Namun setelah ditelusuri tidak ada bukti kredibel terkait hal tersebut. Dikutip dari cnbcindonesia.com, Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas mengatakan wacana tersebut baru berkembang di kalangan anggota atau internal secara informal, belum ada pembicaraan resmi terkait pembangunan Bank Muhammadiyah sendiri.

Diketahui berita tersebut beredar setelah Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengalihkan dana simpanan dan pembiayaan dari PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk. (BRIS) atau BSI ke bank syariah lainnya. Namun hingga saat ini (3/8/2024) belum ada bukti kredibel, sehingga disimpulkan bahwa informasi tersebut adalah konten yang menyesatkan.
=======

[REFERENSI]:
[1] https://www.cnbcindonesia.com/market/20240704102944-17-551682/mau-bikin-bank-syariah-besar-ketua-pp-muhammadiyah-buka-suara