[SALAH] Dokter Jepang Temukan Air Hangat Sembuhkan Berbagai Masalah Kesehatan

Periksa Fakta Lilik

Faktanya, terapi air hangat (Byoka suchi) yang dipopulerkan dokter Jepang memang memberikan manfaat pada kesehatan namun tidak ada pernyataan bahwa air hangat dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

=====

KATEGORI: Konten yang menyesatkan

=====

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/Va6S0
=====

[NARASI]
Info kesehatan dan manfaat air hangat yang anda belum ketahui:hand_with_index_finger_and_thumb_crossed::+1:

=====

[PENJELASAN]

Artikel disadur dari tempo.co
Sebuah akun Facebook mengunggah video dengan judul “Minum air hangat dapat menyelamatkan nyawa”. Dalam video dijelaskan bahwa minum air hangat 100 persen efektif untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit dan mengklaim pernyataan tersebut berasal dari dokter Jepang.

Namun setelah ditelusuri, dilansir dari tempo.co bahwa air hangat memang bermanfaat bagi tubuh namun tidak dapat menyembuhkan jenis penyakit yang disebutkan dalam video tersebut.

Dokter Hirano Jusei pada tahun 1832-1835 mempopulerkan terapi air Byoka suchi, praktik minum beberapa gelas air saat perut kosong di pagi hari yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan seperti melancarkan pencernaan, detoksifikasi tubuh dan lain-lain. Namun tidak ada penjelasan bahwa dokter jepang mengatakan air hangat menyembuhkan penyakit tertentu.

Dr. L. P. A. Karunathilake, dosen senior pengobatan tradisional di Universitas Kolombo juga menegaskan bahwa klaim air hangat menyembuhkan berbagai masalah kesehatan adalah hal yang sangat menyesatkan dan pengobatan alternatif tidak mempromosikan penyembuhan yang sama pada berbagai penyakit.

Dengan demikian, klaim air hangat menyembuhkan berbagai masalah kesehatan adalah salah dan termasuk pada konten menyesatkan.

=====

Referensi:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/3046/keliru-video-berisi-klaim-dokter-jepang-temukan-air-hangat-bisa-sembuhkan-sejumlah-penyakit