[SALAH] Terapi Minuman Rempah Bisa Menggantikan Cuci Darah untuk Penderita Gagal Ginjal

Hasil pemeriksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan, faktanya pengobatan pada pasien dengan penurunan fungsi ginjal tahap akhir alias gagal ginjal kronis, membutuhkan cuci darah yang tidak bisa digantikan ramuan rempah atau pengobatan alternatif.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: TIKTOK
https://archive.cob.web.id/archive/1722770738.931572/index.html

=====

[NARASI]: Terapi Minuman Rempah Bisa Menggantikan Cuci Darah untuk Penderita Gagal Ginjal

======

[PENJELASAN]:
Artikel saduran dari Tempo.co.
Sebuah akun Tiktok dengan nama pengguna “serangkairasa.id” mengunggah video dengan narasi terapi menggunakan minuman rempah bisa menggantikan cuci darah untuk penderita gagal ginjal.

Setelah melakukan penelusuran, melansir dari Tempo.co faktanya pengobatan pada pasien dengan penurunan fungsi ginjal tahap akhir alias gagal ginjal kronis, membutuhkan cuci darah yang tidak bisa digantikan ramuan rempah atau pengobatan alternatif.

Dokter konsultan ginjal dan hipertensi Aida Lydia menjelaskan ada tiga pilihan dalam pengobatan gagal ginjal, yakni Hemodialisis alias cuci darah yang bisa dilakukan di fasilitas kesehatan, Peritoneal Dialysis menggunakan cairan khusus yang bisa dikerjakan secara mandiri, dan ketiga transplantasi ginjal.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim tentang terapi menggunakan minuman rempah bisa menggantikan cuci darah untuk penderita gagal ginjal adalah salah dan masuk katefgori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/3039/keliru-terapi-minuman-rempah-bisa-menggantikan-cuci-darah-untuk-penderita-gagal-ginjal
https://turnbackhoax.id/2024/07/31/salah-cuci-ginjal-alami-dengan-menggunakan-rebusan-air-seledri/