[PENIPUAN] Prabowo Berikan Santunan Untuk Anak Sekolah

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Akun yang mengunggah video Prabowo memberikan santunan untuk anak sekolah bukanlah akun asli. Prabowo Subianto tidak memiliki akun Tiktok. Selain itu, video yang digunakan merupakan hasil editan.

Simak penjelasannya

====
[KATEGORI] Konten tiruan

====
[SUMBER] Tiktok
https://arsip.cekfakta.com/archive/1722866399.29338/index.html

====
[NARASI]
Khusus yang mempunyai anak sekolah

====
[PENJELASAN]
Sebuah akun Tiktok mengunggah video yang menampilkan Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto memberikan santunan kepada anak sekolah senilai 20 juta. Dalam video ini Prabowo juga memberikan syarat berupa follow, tekan love, dan tanda panah. Video ini diunggah olah akun @prabowosubianto420 pada 4 Agustus 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, unggahan tersebut tidak benar. Dilansir dari pemeriksa fakta turnbackhoax sebelumnya, Prabowo Subianto tidak memiliki akun Tiktok. Selain itu di akun media sosial resminya yaitu Instagram dan Facebook tidak ditemukan informasi tentang pemberian santunan tersebut.

Selanjutnya, pemeriksa fakta juga mencoba memeriksa kebenaran video tersebut dengan AI Speech Classifier ElevenLabs dan ditemukan hasilnya 98% suara yang digunakan buatan AI. Dengan demikian, video yang menampilkan Prabowo memberikan santunan kepada anak sekolah tidak benar dan hasil editan.

====
[REFERENSI]

https://elevenlabs.io/ai-speech-classifier

https://turnbackhoax.id/2024/07/16/penipuan-prabowo-bagi-bagi-uang-dengan-pengguna-bank-bri-bca-bsi-mandiri-dan-dana/