[PENIPUAN] Menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia Presiden Jokowi Berikan 50 Juta untuk Follower Tiktoknya

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya video tersebut adalah video ketika Jokowi meresmikan Peluncuran Digitalisasi Layanan Perizinan Penyelenggaraan Event, di The Tribrata Kebayoran Baru Jakarta. Tidak ada pernyataan dari Jokowi mengenai pemberian uang 50 juta seperti klaim video yang beredar di Tiktok tersebut.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/L0xQ7 (arsip)

===========

[NARASI]: BANTUAN UNTUK KALIAN SEMUA YANG BELUM PERNAH DABAT SAMA SEKALI, MENJELANG HARI KEMERDEKAAN

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Tiktok yang memperlihatkan Presiden Jokowi sedang menyampaikan pidato tentang pembagian uang 50 juta kepada para follower di Tiktok dalam rangka menjelang Hari Kemerdekaan.

Sejauh ini jika mencari di Tiktok, tidak dapat ditemukan akun Tiktok resmi dari Presiden Jokowi sehingga untuk memastikan kebenarannya maka dilakukan pencarian di Instagram resmi Presiden Jokowi yang sudah bercentang biru.

Untuk memastikan kebenaran dari video tersebut, dilakukan pencarian dengan Google Lens. Ditemukan hasil jika video yang diunggah oleh akun Tiktok tiruan Presiden Jokowi ini serupa dengan video di Youtube yang berjudul “Jokowi Telak Skak Pejabat Gara-Gara Rumit Bikin Acara di RI: Uangnya Langsung Habis untuk Bikin Izin”. 

Faktanya video tersebut adalah video ketika Jokowi meresmikan Peluncuran Digitalisasi Layanan Perizinan Penyelenggaraan Event, di The Tribrata, Kebayoran Baru, Jakarta. Dalam pidatonya, Presiden Jokowi juga menyindir sulitnya membuat perizinan acara di Indonesia. Harus memenuhi perizinan dari berbagai instansi untuk mendapatkan izin acara.

Dalam video aslinya tidak ada pernyataan dari Jokowi mengenai pemberian uang 50 juta seperti klaim video yang beredar di Tiktok tersebut, sehingga dapat dikatakan jika video tersebut adalah hasil manipulasi dan dapat dicurigai sebagai modus penipuan.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=LGMn-QN0Td0