[PENIPUAN] Ahok Bagikan Uang Rp 10 Juta Hanya dengan Bagikan Videonya di Tiktok

Hasil periksa fakta Raymondha

Unggahan yang mengatasnamakan Ahok tersebut merupakan salah satu modus untuk melakukan penipuan online. Video tersebut dibuat menggunakan AI sehingga suara Ahok terdengar mirip seperti aslinya.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/N2uMR (arsip)

===========

[NARASI]: masing masing 10JT rupiah untuk kamu yang sudah follow dan membagikan video saya

===========

[PENJELASAN]:
Artikel disadur dari Liputan 6.
Muncul sebuah postingan di Facebook yang mengatasnamakan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok membagikan uang Rp 10 juta hanya dengan membagikan videonya di Tiktok. Akun tersebut juga mencantumkan sebuah link Whatsapp pada bio akun.

Dilansir dari liputan 6, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok telah memberikan klarifikasi di akun Instagram miliknya @basukibtp yang sudah bercentang biru atau terverifikasi. “Akun Tiktok di atas bukan akun Tiktok saya. Saya maupun @timbtp tidak pernah menjanjikan pemberian hadiah apapun. Mohon abaikan dan laporkan bila Anda menerima konten seperti di atas. Terima kasih,” bunyi pernyataan Ahok 1 Agustus 2024.

Selain itu dalam unggahan Instagram Stories yang lain Ahok juga meminta masyarakat mewaspadai akun palsu mencatut namanya.  Melalui hal tersebut maka dapat disimpulkan jika akun Tiktok yang mengatasnamakan Ahok tersebut adalah akun tiruan yang harus diwaspadai sebagai modus penipuan.

Berdasarkan dari temuan tersebut maka dapat disimpulkan jika unggahan yang mengatasnamakan Ahok tersebut merupakan salah satu modus untuk melakukan penipuan online. Video tersebut dibuat menggunakan AI sehingga suara Ahok terdengar mirip seperti aslinya.

===========

 [REFERENSI] :
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5663936/cek-fakta-hoaks-ahok-bagikan-uang-rp-10-juta-hanya-dengan-bagikan-videonya-di-tiktok?page=4