[SALAH] Video Ikan Berkepala Gajah

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Setelah melakukan penelusuran, faktanya video tersebut merupakan hasil edit oleh AI.

=====

[KATEGORI]: KONTEN PALSU

=====

[SUMBER]: TIKTOK
https://archive.cob.web.id/archive/1722669688.804219/index.html

=====

[NARASI]: Ikan Berkepala Gajah, show you the world

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Tiktok dengan nama pengguna “laohui6” mengunggah video dengan memperlihatkan ikan berkepala gajah yang diunggah pada 15 Juli 2024.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut berulang kali muncul pada tahun 2024, pemeriksa fakta Mafindo telah membuat artikel klrifikasi pada laman Turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH] Video Ikan Berkepala Gajah”.

Dilansir dari kompas.com, Tim Cek Fakta Kompas.com mengidentifikasi campur tangan kecerdasan buatan (AI) dalam video yang beredar menggunakan Hive Moderation. Hasilnya menunjukkan bahwa video tersebut memiliki kemungkinan 68,8 persen dibuat oleh AI.

Perlu diketahui bahwa terdapat salah satu spesies ikan yang diidentifikasi sebagai ikan belalai gajah atau ikan kepala gajah dengan nama latin Gnathonemus petersii. Dilansir dari Seriously Fish, ikan tersebut berasal dari famili Mormyridae tinggal di Mali, Benin, Niger, Nigeria, Chad, Republik Afrika Tengah, Kamerun, Republik Kongo, Republik Demokratik Kongo, dan Zambia.

Dengan demikian video dengan klaim tentang ikan berkepala gajah adalah keliru dan masuk kategori konten palsu.

=====

[REFERENSI]:
https://turnbackhoax.id/2024/07/31/salah-video-ikan-berkepala-gajah/
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/07/30/122500682/-klarifikasi-video-ikan-berkepala-gajah-diidentifikasi-hasil-manipulasi