[SALAH] Bogor Hancur Ratusan Rumah Berguncang Hebat Akibat Gempa pada 5 Agustus 2024

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Klaim yang mengatakan adanya Gempa yang mengguncang Bogor pada 5 Agustus 2024 hingga Bogor hancur dan ratusan rumah berguncang hebat adalah tidak benar.

===========

[KATEGORI]: Konten Dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/5R1XU8zanyY (arsip)

===========

[NARASI]: “Bogor Hancur Berkeping-keping!! Ratusan Rumah Berguncang Hebat, Gempa Bogor Hari Ini”

===========

[PENJELASAN]:
Pada 5 Agustus 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul Bogor hancur berkeping-keping, ratusan rumah bergetar hebat akibat gempa 5 Agustus 2024.

Namun, ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh Antara yang berjudul “BMKG: Pusat gempa magnitudo 3,5 berada di Kota Bogor”. Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa terjadi gempa yang menghancurkan Bogor pada 5 Agustus 2024.

Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa pusat gempa magnitudo 3,5 yang terjadi pada Minggu, 4 Agustus 2024 berada di Kota Bogor, Jawa Barat, dengan kedalaman 4 kilometer. Lokasi berada 6.73 LS, 106.63 BT, di mana pusat gempa berada di darat 23 km barat daya Kota Bogor dengan kedalaman 4 kilometer.

Sementara untuk wilayah yang merasakan getaran nyata dalam rumah yaitu Cipeuteuy Kabandungan, Kalapanunggal, Pamijahan Bogor, dan Bogor. Belum diketahui ada tidaknya dampak yang ditimbulkan akibat gempa bumi di Bogor. BMKG terus melakukan pemantauan terkait gempa bumi tersebut.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan adanya Bogor hancur berkeping-keping akibat gempa adalah salah. Faktanya gempa magnitude 3,5 tidak menyebabkan kerusakan.

===========

 [REFERENSI] :
https://www.antaranews.com/berita/4237907/bmkg-pusat-gempa-magnitudo-35-berada-di-kota-bogor