[SALAH] PM Singapura sebut: “Apa Untungnya  kalian bantu jalur Gaza, sedangkan banyak Warga Indonesia yang miskin seperti Papua”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Gambar tangkapan layar artikel berjudul “PM Singapura sebut: “Apa Untungnya kalian bantu jalur Gaza, sedangkan banyak Warga Indonesia yang miskin seperti Papua telah diedit pada bagian judul. Artikel yang asli milik Detik.com dengan judul asli “Ketua Parlemen Singapura Mundur karena Selingkuh, PM Lee Pernah Nasihati”.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: TWITTER/X
https://archive.cob.web.id/archive/1722768961.158742/index.html

=====

[NARASI]: Coba di renungkan @jokowiDan @Menlu_RI
 sudah benarkan ada mengatur negara ini. Malu dengan @govsingapore

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Twitter/X dengan nama akun “Tita83079013” pada tanggal 3 Agustus 2024 yang mengunggah gambar tangkapan layar dengan narasi apa untungnya kalian bantu jalur Gaza, sedangkan banyak Warga Indonesia yang miskin seperti Papua.

Setelah ditelusuri di Google dengan menggunakan kata kunci judul artikel tangkapan layar tidak ditemukan. Tetapi ditemukan artikel dengan gambar identik di webside Detik.com dengan judul artikel asli “Ketua Parlemen Singapura Mundur karena Selingkuh, PM Lee Pernah Nasihati”. Artikel yang asli tersebut diunggah pada tanggal 17 Jul 2023.

Jika dibandingkan terdapat gambar yang digunakan dalam artikel tersebut. Perbedaan terletak pada judul artikel, waktu pengunggahan artikel dan nama editor asli dengan tangkapan layar artikel postingan di Twitter, tanda garis bawah bergelombang pada gambar tangkapan layar itu adalah indikator halaman web sedang diedit.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim tentang artikel Detik.com yang berjudul apa untungnya kalian bantu jalur Gaza, sedangkan banyak Warga Indonesia yang miskin seperti Papua adalah keliru dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://news.detik.com/internasional/d-6827653/ketua-parlemen-singapura-mundur-karena-selingkuh-pm-lee-pernah-nasihati/amp