[SALAH] Gambar Artikel berjudul “Bos CIA William Burns sebut: Indonesia sudah rusak di mata dunia

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Gambar tangkapan layar artikel berjudul “Bos CIA William Burns sebut: Indonesia sudah rusak di mata dunia” telah diedit pada bagian judul. Artikel yang asli milik Sindonews.com dengan judul asli “Bos CIA akan Bertemu Pejabat Israel, Qatar, dan Mesir di Roma Bahas Gencatan Senjata Gaza”.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: TWITTER/X
https://arsip.cekfakta.com/archive/1722404032.239172/index.html

=====

[NARASI]: Ketika politik di Indonesia dianggap rusak oleh banyak negara, khususnya AS dan sekutu Baratnya, maka akan terjadi ketidakpercayaan oleh pasar global. Itulah yang menyebabkan investor enggan atau ragu ragu menanamkan modal di negeri ini.

Walau presiden Jokowi gencar mengundang para investor dengan insentif macam2, hingga penguasaan lahan sampai 190 tahun di IKN, investor global masih wait and see. Hanya kelompok oligarhi yg bermain politik  “di tingkat  nasional” yang memang sudah menancapkan kukunya di negeri ini yg mau memanfaatkannya. “Bos CIA William Burns sebut: Indonesia sudah rusak di mata dunia

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Twitter/X dengan nama akun “henrysubiakto” pada tanggal 31 Juli 2024 yang mengunggah gambar tangkapan layar dengan narasi Bos CIA William Burns sebut: Indonesia sudah rusak di mata dunia.

Setelah ditelusuri di Google dengan menggunakan kata kunci judul artikel tangkapan layar tidak ditemukan. Tetapi ditemukan artikel dengan gambar identik di webside Sindonews.com dengan judul artikel asli “Bos CIA akan Bertemu Pejabat Israel, Qatar, dan Mesir di Roma Bahas Gencatan Senjata Gaza”.

Jika dibandingkan terdapat kesamaan pada waktu pengunggahan artikel dan nama editor serta gambar yang digunakan dalam artikel tersebut. Perbedaan terletak pada judul artikel asli dengan tangkapan layar artikel postingan di Twitter.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim tentang Bos CIA William Burns sebut: Indonesia sudah rusak di mata dunia adalah keliru dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://international.sindonews.com/newsread/1423745/41/bos-cia-akan-bertemu-pejabat-israel-qatar-dan-mesir-di-roma-bahas-gencatan-senjata-gaza-1722042425