[SALAH] “Undur-undur Obat Diabetes”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya pakar menyebut bahwa undur-undur dapat dikonsumsi sebagai obat diabetes belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/3A4yJar

Arsip video: https://bit.ly/46m4WpR

= = =

Narasi:

“Undur-undur Obat diabetes… Semoga bermanfaat”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Kompas.

Sebuah informasi beredar di Facebook dari akun bernama Agus Yudhianto pada 23 April 2024 yang menyebut bahwa undur-undur dapat dikonsumsi sebagai obat diabetes.

Namun ahli dari Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Prof. Zullies Ikawati dan Ahli Farmakologi Hewan Universitas Airlangga, Prof. Lazuardi menyebut bahwa belum ada penelitian terkait efek undur-undur terhadap kesehatan manusia, khususnya untuk penyakit diabetes.

Prof. Zullies Ikawati melalui Kompas.com juga menjelaskan bahwa penderita perlu secara rutin memeriksa kadar gula darah, penggunaan obat tradisional untuk penderita diabetes juga bergantung pada seberapa parah diabetes yang dialami pasien.

Prof. Lazuardi menyebut bahwa penelitian dengan menggunakan hewan saat ini susah dilakukan karena penggunaan hewan dibatasi ketat oleh animal ethical clearance yang berpusat di Basel, Switzerland.

Dengan demikian, undur-undur dapat dikonsumsi sebagai pengobatan diabetes adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/07/26/162800482/-klarifikasi-belum-ada-bukti-ilmiah-undur-undur-sembuhkan-diabetes

= = =