[PENIPUAN] Wawancara Najwa Shihab dengan Aa Gym yang Mempromosikan Obat Prostatitis

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut telah dimanipulasi dengan bantuan AI untuk suaranya. Video asli menunjukkan Najwa berbicara mengenai pentingnya membaca dan menulis sebagai bentuk literasi, sedangkan video asli Aa Gym sedang berdakwah yang membahas tentang bagaimana membersihkan hati dari kemusyrikan. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Facebook

https://archive.ph/Vs26h

= = =

Narasi:

“Pesan dengan diskon 50% di sini

Prostatitis tidak akan lagi mengganggu Anda.

Apakah Anda ingin melindungi diri Anda dari komplikasi yang berhubungan dengan prostatitis dan meningkatkan kualitas hidup Anda? Saatnya untuk mengambil tindakan!

  Program pengobatan prostatitis AA Gym meliputi:

  Mencegah komplikasi yang terkait dengan prostatitis

  Meningkatkan buang air kecil: mencegah buang air kecil yang menyakitkan dan mengurangi frekuensi buang air kecil.

  Meningkatkan potensi dan meningkatkan testosteron secara alami.

 Menstabilkan kondisi dan meredakan gejala prostatitis dengan cara yang aman dan efektif

Jangan lewatkan kesempatan ini – pesan sekarang juga selagi produk masih tersedia dan berikan kesempatan untuk menyelamatkan kesehatan Anda!”

Narasi dalam video:

Najwa: “dalam edisi ini kami membahas tentang terobosan baru dalam dunia kedokteran, obat baru untuk prostatitis yang disebut prostanore yang diciptakan oleh pakar dan pendakwah islam, Abdullah Gymnastiar, obat ini telah membantu banyak pria di Indonesia untuk memulihkan fungsi prostat.”

Aa Gym: “Terima kasih atas undangannya Najwa Shihab. Prostatitis telah lama menjadi masalah serius bagi banyak pria tetapi berkat prostanore kita melihat trobosan nyata dalam pengobatan. Obat ini yang diberkati oleh kehendak Allah, tidak hanya melawan prostatitis, tetapi juga mengembalikan kadar testosteron ke tingkat yang lebih muda. … produk ini menunjukkan hasil yang mencengangkan memulihkan fungsi prostat tanpa operasi yang masa pemulihannya lama. … saya mempertaruhkan reputasi saya hanya dengan minum satu kapsul sehari Anda akan merasa lega hana dalam waktu dua minggu.”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Tempo.co.

Beredar sebuah video di Facebook dari akun bernama “Kekuatan Ekologi dari Alam” yang beredar sejak 20 April 2024 yang menampilkan wawancara Najwa Shihab dengan Aa Gym yang mempromosikan obat prostatitis.

Namun hasil penelusuran oleh Tim Cek Fakta Tempo, faktanya video di Facebook yang mempromosikan tersebut telah dimanipulasi dengan bantuan suara dari AI. Video asli dari Najwa Shihab berbicara mengenai pentingnya membaca dan menulis sebagai bentuk literasi yang telah terpublikasi pada channel YouTube Direktorat SMA pada 1 Agustus 2019.

Kemudian video asli dari Aa Gym sebelumnya telah terpublikasi di channel SalingSapa TV pada 19 Mei 2023, saat itu Aa Gym sedang menyampaikan dakwahnya yang membahas mengenai bagaimana membersihkan hati dari kemusyrikan.

Untuk memastikan seberapa besar probabilitas audio tersebut adalah buatan AI, Pemeriksa Fakta Mafindo memeriksa dengan AI Speech Classified ElevenLabs, ditemukan hasil sebesar 98% audio dalam video tersebut adalah buatan AI.

Dengan demikian, video wawancara Najwa Shihab dengan Aa Gym yang mempromosikan obat prostatitis adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/3026/keliru-najwa-shihab-promosikan-program-pengobatan-prostatitis-temuan-aa-gym

https://elevenlabs.io/ai-speech-classifier (arsip: https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/07/Najwa-Shihab-dan-Aa-Gym-promosi-obat-prostatitis.pdf)

= = =