[SALAH] JOKOWI TERLIBAT SKENARIO KUDETA PKB OLEH NU

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan informasi kredibel terkait Jokowi terlibat skenario kudeta PKB oleh NU. Selain thumbnail yang merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1722405488.846016/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
Politik terkini – BONGKAR SKENARIO KUDETA PKB OLEH NU ?‪@garispolitik1320‬

MENGEJUTKAN..!
ADA KETERLIBATAN JOKOWI?
DIBALIK SKENARIO NU AKAN KUDETA PKB

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama Garis Politik bernarasikan Presiden Jokowi terlibat skenario kudeta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) oleh Nahdlatul Ulama (NU). Video tersebut diunggah pada 28 Juli 2024.

Setelah ditelusuri, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dari foto ketika Presiden Jokowi dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu usai pilpres 2019 di Istana Merdeka.

Gambar aslinya dimuat dalam artikel merdeka.com dengan judul “Bertemu Jokowi, AHY Sampaikan Salam Hormat dari SBY dan Ibu Ani”.

Dalam video tersebut juga terdapat narasi yang membahas tentang Forum aktivis Cik Di Tiro yang menggelar aksi simbolik di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (Unisa), Gamping, Sleman yang menjadi lokasi rapat pleno PP Muhammadiyah pada Sabtu, 27 Juli 2024.

Narasi tersebut bersumber dari artikel cnnindonesia.com berjudul “Aktivis Sindir NU-Muhammadiyah: Dipisahkan Qunut, Disatukan Tambang”.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan Jokowi terlibat skenario kudeta PKB oleh NU adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.merdeka.com/peristiwa/bertemu-jokowi-ahy-sampaikan-salam-hormat-dari-sby-dan-ibu-ani.html

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240727130201-20-1126167/aktivis-sindir-nu-muhammadiyah-dipisahkan-qunut-disatukan-tambang