[SALAH]:Waktu mandi yang mengakibatkan kematian

Hasil periksa fakta Raka.

[FAKTANYA]: Serangan jantung dapat terjadi karena adanya perbedaan suhu tubuh dengan suhu air, jadi tidak ada kaitannya dengan waktu tertentu untuk mandi.

=====

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan.

=====

[SUMBER]: https://perma.cc/LP37-JNA6

=====

[NARASI]: Mandi pada 3 waktu ini ternyata dapat berakibat kematian.

=====

[PENJELASAN]: Beredar sebuah klaim bahwa mandi pada waktu 30 menit setelah salat Ashar kondisi darah dalam tubuh sedang panas, setelah Magrib, pukul 18.00-19.00 WIB, dan sesudah salat Isya hingga pukul 24.00 WIB dapat berakibat kematian.

Namun setelah dilakukan penelusuran klaim tersebut tidak benar.

Faktanya, disadur dari artikel periksa fakta Tempo, dr. Sondang Jasmine Mustikasari, Sp.JP, seorang dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari RSUD Dr HM Rabain Muara Enim, Sumatera Selatan, menyatakan bahwa orang yang pernah mengalami penyakit jantung memiliki risiko terkena serangan jantung. Peningkatan denyut nadi secara mendadak dapat membuat pasien merasa cemas dan meningkatkan aktivitas saraf simpatis, yang dapat memicu serangan jantung.

”Jadi, tidak ada kaitannya dengan waktu tertentu. Kapan pun mandi, jika ada perbedaan suhu tubuh dengan air, itu bisa menjadi pemicu,” katanya. Sejauh ini, tidak ada penelitian yang menghubungkan serangan jantung dengan waktu mandi. Beberapa studi meneliti kematian di kamar mandi, meskipun sebagian besar penyebabnya masih misterius. Penelitian oleh Yang et al.

Dengan demikian klaim tersebut tidak benar dengan kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]: https://cekfakta.tempo.co/fakta/2925/keliru-konten-yang-berisi-klaim-kematian-mendadak-yang-dikaitkan-dengan-waktu-mandi

[SALAH] Mandi di Tiga Waktu Tertentu Bisa Menyebabkan Serangan Jantung dan Kematian

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5879039/