[SALAH] Video Ikan Berkepala Gajah

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, video tersebut merupakan hasil edit oleh AI. 

=====    

KATEGORI:  Konten yang dimanipulasi

=====    

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/kdhOs

=====    

Narasi   
Ikan yang aneh berkepala gajah


=====   

Penjelasan:  
Artikel disadur dari Pemeriksa Fakta Kompas.
Sebuah akun facebook dengan nama LAKSANATV telah mengunggah sebuah video mengenai ditemukannya ikan dengan kepala yang berbentuk gajah. 

Dilansir dari kompas.com, Tim Cek Fakta Kompas.com mengidentifikasi campur tangan kecerdasan buatan (AI) dalam video yang beredar menggunakan Hive Moderation. Hasilnya menunjukkan bahwa video tersebut memiliki kemungkinan 68,8 persen dibuat oleh AI. 

Perlu diketahui bahwa terdapat salah satu spesies ikan yang diidentifikasi sebagai ikan belalai gajah atau ikan kepala gajah dengan nama latin Gnathonemus petersii. Dilansir dari Seriously Fish, ikan tersebut berasal dari famili Mormyridae tinggal di Mali, Benin, Niger, Nigeria, Chad, Republik Afrika Tengah, Kamerun, Republik Kongo, Republik Demokratik Kongo, dan Zambia. 

Ikan ini hanya berukuran 22,5 cm. Ikan ini juga tidak memiliki belalai yang sama dengan gajah, hanya saja bagian moncongnya yang panjang digunakan untuk melindungi diri dan mencari mangsa. Bentuk dari ikan tersebut juga sangat berbeda dari apa yang ditampilkan di video facebook tersebut. 

=====     

Referensi:    
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/07/30/122500682/-klarifikasi-video-ikan-berkepala-gajah-diidentifikasi-hasil-manipulasi