[SALAH] Video Demonstrasi Warga Perancis Mengecam Pelecehan Agama di Olimpiade

Hasil periksa fakta Agnes A

Bukan aksi demonstrasi, video aslinya adalah peringatan hari besar Katolik yang diadakan di Perancis pada 5 Juli 2023 lalu.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.ph/UcU0I (Twitter/X)

=====

[NARASI]: “Banjir besar umat Kristiani di Perancis turun ke jalan untuk mengecam pelecehan moral dan agama yang melampaui batas setelah pertunjukan Perjamuan Terakhir Kristus di Olimpiade yang dilakukan oleh kaum homoseksual dan transgender.”

=====

[PENJELASAN]:

Akun Twitter/X @SoftWarNews mengunggah cuitan dengan klaim bahwa umat Kristiani di Perancis turun ke jalan untuk mengecam pelecehan moral dan agama setelah pertunjukan perjamuan terakhir Kristus pada upacara pembukaan Olimpiade Paris. Dalam cuitannya juga dilampirkan video ratusan orang berkumpul sambil menyanyikan lagu rohani Ave Maria.

Namun setelah dilakukan penelusuran, video tersebut bukanlah aksi protes warga Perancis. Video aslinya dapat ditemukan di akun Twitter/X @SachinPuthran5 yang diunggah pada 5 Juli 2023 lalu. Cuitan lengkapnya:

“Make France Christian Again.
Hundreds of Catholics singing Ave Maria at the Sanctuary of Our Lady of Lourdes on the Feast of the Assumption of the Blessed Virgin Mary.”

(Jadikan Prancis Kristen Kembali. Ratusan umat Katolik menyanyikan Ave Maria di Tempat Suci Our Lady of Lourdes pada Hari Raya Maria Diangkat ke Surga.)

=====

[REFERENSI]:

– https://twitter.com/SachinPuthran5/status/1676328834017419265/video/1