[SALAH] Timnas Malaysia Bubar dan Pelatih Dipecat Setelah Kalah Dari Indonesia

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Pernyataan tersebut tidaklah benar. Timnas Malaysia (FAM) hingga saat ini masih melaksanakan agenda kerjanya dilihat dari akun media sosial resminya. Selain itu, pelatih Timnas Malaysia U19 juga sedang meningkatkan kualitas pemain untuk kualifikasi Piala Asia 2025.

====
[KATEGORI] Konten yang Menyesatkan

====
[SUMBER] Youtube
https://arsip.cekfakta.com/archive/1722336568.75993/index.htm

====
[NARASI] FAM Bubar Pelatih Di Pecat Fans Malaysia Anarkis Gak Terima Kalah ! Ini Komentar Melas Presiden FAM

====
[PENJELASAN]
Sebuah kanal Youtube bernama Top Up Footbal mengunggah video yang menyatakan bahwa Football Association of Malaysia (FAM) bubar dan pelatih dipecat akibat kalah melawan Indonesia. Video ini diunggah pada 27 Juli 2024 dan telah dilihat sebanyak 43 ribu.

Setelah dilihat secara keseluruhan ternyata isi video tidak menjelaskan bahwa FAM bubar ataupun pelatih Timnas Malaysia dipecat. Narator dalam video hanya berbicara tentang laga semifinal antara Indonesia dan Malaysia di Piala AFF 2024. Pemeriksa fakta juga tidak menemukan pernyataan resmi terkait bubarnya FAM ataupun pelatih Timnas Malaysia dipecat.

Dilihat dari akun Instagram resminya, Timnas Malaysia masih mengunggah kegiatan atau agenda yang dimiliki hingga saat ini. Selain itu, dilansir dari http://jatim.antaranews.com, pelatih Timnas Malaysia U19 Juan Torres mengatakan akan meningkatkan kualitas pemain setelah gagal meraih gelar dalam Piala AFF 2024 dan berfokus untuk mempersiapkan kualifikasi Piala Asia U20 2025.

Dengan demikian, unggahan yang mengatakan FAM bubar tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://www.instagram.com/famalaysia?igsh=MWxzeXpiY2J3a3pzMw==

https://jatim.antaranews.com/amp/berita/805563/aff-u-19-pelatih-malaysia-akui-perlu-tingkatkan-kualitas-pemain