[SALAH] Jokowi Makan Sate Babi

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Unggahan tersebut tidaklah benar. Foto yang diklaim ditemukan di artikel Viva. Artikel tersebut menjelaskan tentang fakta dari foto Jokowi yang sedang makan dan didepannya daging babi bukanlah foto asli melainkan hasil editan.

====
[KATEGORI] Konten menyesatkan

====
[SUMBER ] Facebook
https://arsip.cekfakta.com/archive/1721979896.203145/index.html

====
[NARASI]
Jokowi Anak Anjing Lagi Sedang Makan Sate Daging Babi

====
[PENJELASAN]

Sebuah unggahan di Facebook memperlihatkan foto Jokowi yang tengah makan dengan di depannya daging babi. Unggahan ini diberi narasi bahwa Jokowi sedang makan daging babi. Klaim ini diunggah oleh akun Facebook bernama Kamal Journalis pada 21 Juli 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, pernyataan tersebut tidaklah benar. Pemeriksa fakta mencoba mencari gambar yag digunakan melalui Google Lens. Hasilnya, foto tersebut mengarah pada artikel di laman Viva. Artikel ini menjelaskan tentang fakta asli dari foto Jokowi makan sate babi yang diambil dari penelusuran tim http://turnbackhoax.id.

Dilansir dari http://turnbackhoax.id foto asli Jokowi yang sedang makan dengan baju kotak-kotak itu ditemukan pada situs http://hipwee.com. Dalam situs tersebut nampak Jokowi sedang menyantap sate namun dalam foto tersebut tidak ditemukan gambar daging babi di depannya seperti foto yang diklaim. Foto ini sudah sejak lama beredar dan diketahui sebagai hasil editan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pernyataan Jokowi makan sate babi tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://www.viva.co.id/ragam/cek-fakta/1373046-jokowi-makan-sate-babi-panggang-cek-faktanya

https://www.hipwee.com/hiburan/10-kuliner-yang-bikin-bibir-kamu-dilap-pacar-ah-modusnya-kok-bisa-saja