[SALAH] Hamas Ancam Akan Menyerang Olimpiade Paris

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, Video tersebut adalah konten disinformasi yang diproduksi oleh kelompok Rusia, Storm-1516. 

=====    

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====    

Sumber: Twitter
https://arsip.cekfakta.com/archive/1722096298.398256/index.html

=====    

Narasi   
Teroris hamas lagi menebar teror dimana2 termasuk eropa
Di Paris, hamas teroris lg mengancam olimpiade

Makin bangga suporter2 hamas teroris


=====   

Penjelasan:   
Sebuah akun twitter bernama GHarold telah memposting sebuah gambar yang diklaim diterbitkan oleh Hamas memperingatkan akan adanya ‘banjir darah’ di Olimpiade Paris karena dukungan Perancis terhadap Israel. Postingan tersebut telah diunggah pada tanggal 25 Juli 2024. 

Setelah dilakukan penelusuran dengan google search image, terdapat beberapa artikel berita yang telah membahas informasi yang identik. Ternyata, potongan gambar tersebut sebenarnya merupakan potongan dari video yang telah beredar dengan informasi yang sama. Dilansir dalam NBC News, pada 24 Juli 2024. Melalui telegram, pejabat Hamas Izzat al-Risheq membantah video itu berasal dari Hamas, menyebutnya bahwa informasi tersebut adalah pemalsuan identitas.

Para peneliti dari Pusat Analisis Ancaman Microsoft, yang telah meninjau atas permintaan NBC News, mengatakan bahwa orang dalam frame tersebut berasal dari kelompok disinformasi Rusia yang terkenal, yaitu Storm-1516. Para peneliti Microsoft mengatakan, konten disinformasi Storm-1516 disebarkan di Telegram, X (Twitter), dan situs web yang menyamar sebagai situs berita lokal atas nama Hamas atau sebagai konten bersponsor di situs berita asing.

Dilansir dalam detik.com, tim riset Detik juga telah menganalisis suara dalam video asli bahwa telah menemukan sejumlah keanehan dalam bahasa dan penampilan antara video ini dengan video-video yang dirilis secara resmi oleh Hamas. Aksen orang di video viral itu tidak terdengar seperti aksen Palestina. Lambang bendera Palestina yang digunakan juga tidak biasa. Biasanya, bendera Palestina dikenakan di lengan baju oleh juru bicara Hamas, namun dalam video tersebut, bendera Palestina ditempatkan di bagian dada pria bertopeng.

=====     

Referensi:    
https://news.detik.com/bbc-world/d-7459802/di-balik-video-viral-hamas-ancam-kacaukan-olimpiade-paris/amp
https://www.nbcnews.com/tech/misinformation/fake-video-threat-olympic-games-russia-rcna163186