[SALAH] Cuci Ginjal Alami Dengan Menggunakan Rebusan Air Seledri

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Setelah melakukan penelusuran, faktanya tidak ditemukan profesor di bidang kesehatan dengan nama Prof. Dr. Ir. Budi Indarto tersebut. Istilah cuci ginjal juga tidak ada dalam pengobatan gagal ginjal secara medis, melainkan yang benar adalah cuci darah. Cuci darah tidak bisa digantikan dengan minum air rebusan seledri.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://arsip.cekfakta.com/archive/1721899253.444232/index.html

=====

[NARASI]: Assalamu’alaikum Warrahmatullahiwabarakhatuh.Bismillah…..
*CUCI  GUNJAL – CUCI GINJAL :kissing_heart:*TIPS CUCI GINJAL  ALAMIAH,  MUDAH  DAN SANGAT  MURAH,*
dari Prof. Dr. Ir. Budi Indarto… (AYO SAYANGI GINJA KITA)
*1 Bln   1 X* *SEBELUM TERLAMBAT*
*SALAM SEHAT……!!!* Jika  kita  *CUCI GINJAL*  ke  RS biaya-nya  tidak kurang dari  *Rp. 10.000.000;*
*Tapi  dgn  Cara Herbal  tdk sampai  Rp.10.000;* Selama ber-Tahun² Ginjal kita menyaring darah dngn cara membuang : Garam , Racun & Zat² lain yg tdk diinginkan memasuki tubuh kita. Seiring berjalannya waktu, terjadi akumulasi garam & memerlukan perawatan & pembersihan secara rutin & berkala, minimal 1 bulan sekali …
*Berikut TIPS CUCI GINJAL secara murah & alami :kissing_heart:   *CARANYA  SANGAT  MUDAH :kissing_heart:
*1* Beli seikat daun Saledri … *2* Cucilah sampai bersih,  lalu potong kecil² & masukkan ke dlm panci …
*3* Tuangkan air bersih , kira2 1 liter , didihkan selama 10 menit & biarkan hingga dingin … *4* Saring & tuangkan kedlm botol yg bersih lalu simpan di dlm kulkas hingga dingin . Minum satu gelas setiap hari & Anda akan melihat semua endapan 

=====

[PENJELASAN]:
Artikel saduran dari Tempo.co
Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna “Muhammad Islammuddin” mengunggah narasi pada tanggal 23 Juni 2024 tentang cuci ginjal alami dengan menggunakan air rebusan seledri.

Setelah melakukan penelusuran, melansir dari Tempo.co faktanya tidak ditemukan profesor di bidang kesehatan dengan nama Prof. Dr. Ir. Budi Indarto tersebut. Istilah cuci ginjal juga tidak ada dalam pengobatan gagal ginjal secara medis, melainkan yang benar adalah cuci darah. Cuci darah tidak bisa digantikan dengan minum air rebusan seledri.

Dokter konsultan ginjal dan hipertensi Aida Lydia menjelaskan ada tiga pilihan dalam pengobatan gagal ginjal, yakni Hemodialisis alias cuci darah yang bisa dilakukan di fasilitas kesehatan, Peritoneal Dialysis menggunakan cairan khusus yang bisa dikerjakan secara mandiri, dan ketiga transplantasi ginjal.

Dengan demikian klaim tentang cuci ginjal alami dengan menggunakan air rebusan seledri adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/3015/keliru-klaim-soal-prof-budi-indarto-sarankan-cuci-ginjal-alami-dengan-air-rebusan-seledri