[SALAH] Argentina Mengeluarkan Uang Bergambar Messi

Periksa Fakta Vania. 

Faktanya, informasi tersebut sempat beredar pada tahun 2022. Pada saat itu Bank Sentral Argentina masih mempertimbangkan untuk memasang wajah Messi di mata uang mereka, Peso Argentina, tetapi akhirnya desain 1000 peso menggunakan gambar pahlawan Jose de San Martin. Saat ini juga Bank Sentral Argentina mengatakan tidak ada rencana membuat desain bergambar Messi. 

=====    

KATEGORI: Konten yang menyesatkan

=====    

Sumber: Tiktok
https://arsip.cekfakta.com/archive/1722095641.377348/index.html

=====    

Narasi   
Satu satunya untuk menghormati Messi

=====   

Penjelasan:   
Sebuah akun tiktok @walilena14 telah mengunggah sebuah postingan mengenai Argentina yang resmi mengeluarkan uang kertas bergambar Messi. Postingan tersebut diunggah pada tanggal 20 Juli 2024 dengan tayangan lebih dari 13 ribu.

Setelah dilakukan penelusuran dengan menggunakan google search image, pencarian mengarah kepada beberapa artikel berita yang diterbitkan pada tahun 2022. Dilansir dalam semarang.inews.id, Bank Sentral Argentina pada saat itu masih mempertimbangkan untuk memasang wajah Messi di mata uang mereka, Peso Argentina, karena dedikasinya dalam kejuaraan Piala Dunia 2022. 

Dilansir dalam afp.com, yang diunggah pada 26 Juli 2024, pada Mei 2022, Argentina mengumumkan serial desain uang kertas baru yang memuat pahlawan nasional negara Argentina. Dalam desain baru ini, uang 1.000 peso menunjukkan tokoh penting perang kemerdekaan Spanyol-Amerika, Jose de San Martin, bukan Lionel Messi. AFP juga telah menghubungi Manajer Senior Komunikasi Bank Sentral Argentina (BCRA) saat ini mengatakan bahwa pihaknya tidak punya rencana untuk membuat foto Messi dalam desain uang.

=====     

Referensi:    
https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.36626GA
https://semarang.inews.id/read/228284/wajah-lionel-messi-dan-pemain-timnas-lainnya-akan-diabadikan-di-mata-uang-argentina
https://turnbackhoax.id/2024/07/24/salah-argentina-mengeluarkan-mata-uang-dengan-gambar-lionel-messi/