[PENIPUAN] PESAN SMS BERHADIAH DARI RAFFI AHMAD

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Setelah melakukan penelusuran, sampai saat ini tidak ada sumber valid tentang hadiah uang sebesar 45 juta dari Raffi Ahmad.

=====

[KATEGORI]: KONTEN TIRUAN

=====

[SUMBER]: SMS
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/07/photo_6127234687488343865_x.jpg

=====

[NARASI]: PESAN SMS BERHADIAH DARI RAFFI AHMAD

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah pesan singkat yang mengatasnamakan Raffi Ahmad, beredar melalui SMS. Pesan tersebut berisi tentang hadiah uang tunai sebesar 45 juta.

Hoaks serupa juga pernah muncul melalui media sosial Instagram dengan nama pengguna “raffi_nagitaberbagi221”, seperti dikutip dari KOMPAS.COM  yang berjudul “Video Raffi Ahmad Bagikan Hadiah melalui Nomor WhatsApp”. pesan yang mengatasnamakan Rafi ahmad memberikan hadiah tersebut tidak benar dan merupakan konten manipulasi.

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut menggunakan aplikasi Getcontact nomer Whatsapp yang tertera pada pesan tersebut ternyata merupakan nomer whatsapp palsu yang digunakan untuk melakukan penipuan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Sampai saat ini tidak ada sumber valid tentang hadiah uang sebesar 45 juta dari Raffi Ahmad.

Dengam demikian klaim tentang pesan SMS berhadiah uang 45 juta dari Raffi Ahmad adalah keliru dan masuk kategori konten tiruan.

=====

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/07/23/084000582/-hoaks-video-raffi-ahmad-bagikan-hadiah-melalui-nomor-whatsapp