[PENIPUAN] AKUN WHATSAPP BUPATI PRINGSEWU INGIN BERI BANTUAN

Akun tersebut PALSU. Pemkab Pringsewu telah melakukan klarifikasi perihal akun tersebut.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/ KONTEN TIRUAN

===

SUMBER: WHATSAPP

===

NARASI:

A: Assalammualaikum apa bener ini dengan salah satu pengurus. Masjid Al-Muhajirin Sukoharjo II
B: Terima kasih telah menghubungi Yulistriyanto. Silakan beri tahu apa yang bisa dapat kami bantu.
A: Sukoharjo II, Kec. Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Lampung

===

PENJELASAN:

Artikel disadur dari media sosial Pemkab Pringsewu.

Beredar sebuah akun WhatsApp yang mencatut nama PJ Bupati Pringsewu, Marindo Kurniawan. Akun dengan nomor 0838-7280-3400 tersebut diketahui menggunakan nama serta foto Marindo, dan menghubungi sejumlah pihak dengan modus ingin memberikan sejumlah bantuan ke masjid di wilayah setempat.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, akun tersebut diketahui merupakan akun palsu. Melansir dari akun media sosial Facebook Pemkab Pringsewu, ditegaskan jika tidak benar Bupati telah menghubungi sejumlah pihak secara pribadi untuk membagikan donasi ke masjid.

Kami ingin mengingatkan kepada seluruh masyarakat, pondok pesantren, masjid, dan mushola, bahwa Pj. Bupati Pringsewu tidak pernah menghubungi secara langsung warga terkait pemberian bantuan pemerintah dalam bentuk apapun. Teknis pemberian bantuan pemerintah akan selalu dikomunikasikan dan dikoordinasikan oleh petugas dari Badan/Dinas yang membidangi, bukan oleh Pj. Bupati secara pribadi.

Berdasar seluruh referensi, akun WhatsApp dengan nomor 0838-7280-3400 bukan milik Bupati Pringsewu. Akun tersebut masuk ke dalam kategori imposter content atau konten tiruan.

===

REFERENSI:

https://web.facebook.com/pemkabpringsewulampung/posts/pfbid0uJhiwuvcxhLiZc2ti6B14xHDud1p7kPPXQkarECbSKWX3LomTFx1AnBFhLLk6tnXl?locale=hi_IN&_rdc=1&_rdr