[SALAH] Video Penampakan Rumah Mewah dan Mobil Sport Milik Iptu Rudiana

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video yang menampilkan rumah mewah adalah rumah yang dijual di Kemang yang telah terpublikasi di YouTube sejak 26 November 2021. Sedangkan video yang menampilkan beberapa mobil mewah adalah mobil yang berada di garasi showroom milik TDA Luxury Toys yang telah terpublikasi di YouTube 2 November 2023. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.ph/LHX4Z

Arsip video: https://bit.ly/3SouxZz

= = =

Narasi:

“Laa dalah sugihnya jadi pelisi…???”

“dari hasil jual barang haram, ipnu rudiana punya 5 mobil sport dan rumah mewah”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video beredar di Twitter yang menampilkan penampakan mobil mewah dan mobil sport yang diklaim merupakan milik Iptu Rudiana yang merupakan hasil dari jual barang haram. Video tersebut dibagikan oleh akun @H4T14K4LN4L42, akun yang sudah berulang kali menyebarkan hoax, pada 25 Juli 2024.

Namun setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan, video yang menampilkan rumah mewah dan mobil sport telah lama beredar di YouTube dari channel dan waktu yang berbeda. Dapat dipastikan bahwa rumah dan mobil tersebut bukan milik Iptu Rudiana, Kapolsek Kapetakan, Kab. Cirebon yang belakangan ini ramai dibicarakan karena diduga aniaya 7 terpidana kasus Vina Cirebon.

Pertama penelusuran mencari gambar dari cuplikan rumah mewah dengan menggunakan Google Lens, dari pencarian tersebut ditemukan video serupa dari channel Garasi Fivehomes yang telah terpublikasi sejak 26 November 2021. Dalam video asli tersebut tidak disebutkan siapa pemilik dari rumah mewah yang dijual di kawasan Kemang, Jakarta.

Tidak ditemukan cuplikan mobil sport yang sama pada channel Garasi Fivehomes tersebut. Penelusuran lebih lanjut terkait mobil sport, tidak ditemukan gambar yang identik ketika dicari dengan Google Lens. Pemeriksa Fakta Mafindo menelusuri dengan mesin pencarian YouTube dengan kata kunci “mobil sport mewah di garasi”.

Dari situ ditemukan video yang identik dengan mobil sport yang diklaim milik Iptu Rudiana. Faktanya video asli telah terpublikasi melalui channel MAS BANS pada 2 November 2023, tepatnya pada durasi 1:30 sampai 1:52. Dalam video asli tersebut disebutkan bahwa garasi showroom milik TDA Luxury Toys yang berada di Jakarta Selatan.

Dengan demikian, video penampakan rumah mewah dan mobil sport milik Iptu Rudiana adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

= = =