[SALAH] Polisi Jerman Sarankan Fans Inggris Menghisap Ganja pada Euro 2024

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Kepolisian Jerman sendiri telah memberikan konfirmasi bahwa tidak pernah ada himbauan tersebut yang datang dari pihaknya.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/RL6IE

=====

Narasi:
“Polisi Jerman sarankan Fans Inggris hisap ganja. Waduh. #EURO2024 #England #Hooligans #Serbia #Euro #Germany #Hooligan #Fans #oBOLAzo”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @obolazo menulis cuitan yang menyatakan bahwa polisi Jerman menyarankan fans Inggris untuk menghisap ganja pada pertandingan Euro 2024. Cuitan tersebut ditulis pada 16 Juni 2024 dan telah dilihat hampir 700 kali.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Euro News membahas informasi ini di artikelnya yang berjudul “Did German police tell Euro 2024 fans to smoke weed rather than drink alcohol?”. Melansir dari artikel tersebut, kepolisian Gelsenkirchen, Jerman, menyatakan bahwa kepolisian Jerman tidak pernah secara eksplisit menyarankan partisipan dalam Euro 2024 untuk menghisap ganja. Sebaliknya, kepolisian Jerman menyatakan bahwa mereka akan memastikan keamanan semua fans sepak bola yang hadir dan akan menangkap siapa saja yang bersikap agresif, terlepas dari apa saja yang dikonsumsi.

Selain itu, informasi serupa juga telah dibahas oleh kanal media olahraga Spanyol, Marca, di artikelnya yang berjudul “German Police debunk claims that fans can smoke cannabis inside Euro 2024 venues”.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @obolazo merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.euronews.com/2024/06/20/did-german-police-tell-euro-2024-fans-to-smoke-weed-rather-than-drink-alcohol


https://www.marca.com/en/football/uefa-euro/2024/06/15/666deba7ca474124068b456e.html