[SALAH] “Kapal Iran memasok bahan bakar ke Yaman berisi persenjataan dirudal Israel”

MENYESATKAN, menunggangi situasi konflik Israel saat ini. FAKTA: TIDAK berkaitan dengan Iran, Yaman dan Israel, video yang dibagikan adalah rekaman peristiwa meledaknya FPSO Trinity Spirit di lepas pantai Nigeria pada 2 Feb 2022 lalu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: X/Twitter, https://archive.ph/fIKDX (arsip cadangan).

NARASI: “Yaman alami krisis bahan bakar setelah dirudal Israel.
Iran berusaha membantu memasok bahan bakar ke Yaman.
Melalui Mossad. Israel mencermati dgn hati-hati langkah Iran.
Benar,  bhwa tanker Iran berisi persenjataan.
Sebelum nyampe ke Yaman. Kapal Iran dirudal Israel.. Takbiir”

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu” [1]

SUMBER membagikan video dengan menambahkan klaim yang TIDAK sesuai menunggangi situasi konflik Israel saat ini yang menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN. FAKTA: TIDAK berkaitan dengan Iran, Yaman dan Israel, video yang dibagikan adalah rekaman peristiwa meledaknya FPSO Trinity Spirit di lepas pantai Nigeria pada 2 Feb 2022 lalu.

Verifikasi Video

Salah satu sumber video dengan segmen yang identik dengan konteks yang BENAR, FOOTPRINTS di YouTube pada 3 Feb 2022: “An oil production ship, capable of storing 2 million barrels of oil, exploded off the coast of Nigeria. A Floating Production, Storage and Offloading (FPSO) vessel, called the Trinity Spirit, exploded at the Ukpokiti oil field, off Nigeria’s coast. …” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian Google Videos dengan kata kunci: “fpso trinity spirit” [3]

REFERENSI

[1] https://firstdraftnews-org.translate.goog/long-form-article/understanding-information-disorder/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=en-US&_x_tr_pto=nui / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] https://youtu.be/AzJ3ZWqKCKE?t=9 / https://archive.ph/I93n3 (arsip cadangan).

[3] https://www.google.com/search?q=fpso+trinity+spirit&tbm=vid / https://ghostarchive.org/archive/mNuKt (arsip cadangan).