[SALAH] Gunung Ciremai Akan Meletus dalam 14 Jam

Artikel hasil periksa fakta Vinanda (Relawan Mafindo)


BPBD Kabupaten Kuningan mengkonfirmasi bahwa informasi mengenai Gunung Ciremai yang akan meletus dalam 14 jam mendatang, merupakan informasi palsu. Selengkapnya di bagian penjelasan.
————————————————–

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN
————————————————–

NARASI:
Ceuk di dinas mah aya gempa susulan bs lewih gede, aktif Ciremai na frekuensi na baru di duga akan ada letusan gunung alias , Ciremai na aktif deui ek meletus ceunah maksimal 14jam kedepan
Ci, tar MLM ati2 brgkl ada susulan. Sy diksh tau dr tmn dia py tmn yg di bmkg ktnya bisa kenceng dr yg td
Pintu buka, harus ada yg mlek 1 org…
Pergeseran tanah di Sindang agung ktnya
Ceunah gunung ciremai teh udah waktunya meletus lagi
Tapi gabakal di kuningan, kena nya ke majalengka sama cirebon


————————————————

PENJELASAN:
Beredar kabar melalui Whatsapp mengenai akan meletusnya Gunung Ciremai yang terletak di Kuningan, Jawa Barat. Informasi tersebut menyebar setelah terjadinya gempa bumi susulan ketiga di Kabupaten Kuningan pada Jumat (26/7).


Mengenai hal itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Indra Bayu Permana, menegaskan bahwa informasi yang beredar adalah hoaks. Ia pun mengimbau masyarakat agar waspada terhadap informasi palsu yang beredar di media sosial terkait aktivitas gunung dan gempa bumi.


“Informasi yang menyebutkan bahwa beberapa jam ke depan akan terjadi lagi gempa atau Gunung Ciremai akan meletus adalah hoaks. Masyarakat harus lebih bijak dalam menerima informasi, terutama yang sumbernya tidak jelas,” ujar Indra sebagaimana dikutip dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Kuningan.


Indra menyebut, memang ada kemungkinan terjadinya gempa susulan, namun tidak ada yang bisa memprediksi waktu pasti terjadinya. BPBD telah bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk memantau situasi terkini. Indra mengimbau masyarakat untuk tetap melaksanakan aktivitas sehari-hari dengan tetap waspada dan berhati-hati.


“Masyarakat sebaiknya mendapatkan informasi dari sumber yang terpercaya seperti BMKG atau BPPD. Prediksi yang menyebutkan waktu tertentu seperti 14 jam ke depan adalah tidak masuk akal dan melampaui takdir Tuhan,” tegas Indra.

———————————————
REFERENSI:


https://kuningankab.go.id/home/kalak-bpbd-kuningan-waspadai-hoaks-tentang-aktivitas-gunung-ciremai/