[SALAH] Baru Saja Terjadi Sebuah Kota Hanyut Oleh Gelombang Tinggi Samudra Hindia

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Isi video tidak menunjukan benar adanya gelombang tinggi yang menghanyutkan sebuah kota, video hanya berisi informasi mengenai wilayah pesisir Cilacap yang akan berpotensi mengalami gelombang setinggi 1,5-2,5 meter saja.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/90oISiGEAug (arsip)

===========

[NARASI]: SEMUA LUDES TERGULUNG

SEMUA IBU KOTA INI LUDES TERGULUNG SAMUDRA HINDIA MEMBABI BUTA

BENCANA HARI INI~ GELOMBANG TINGGI SORE INI KEMBALI MENGHANTAM & SAPU LUDES KOTA INI ‼️

===========

[PENJELASAN]: 

Pada 29 Juli 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul tentang baru saja terjadi sebuah kota yang digulung habis oleh ombak dari Samudera Hindia.

Namun saat disimak isi video tersebut memiliki kemiripan dengan pembahasan artikel dari Radar Banyumas yang berjudul “Tinggi Gelombang di Perairan Cilacap Masuk Kategori Sedang, Ketinggian Capai 2,5 Meter”.

Pada artikel tersebut hanya menjelaskan mengenai pemaparan dari prakirawan cuaca BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan, yang memperkirakan gelombang air di Samudra Hindia selatan akan berkisar antara 1,5 – 2,5 meter yang artinya ini masuk kategori sedang, oleh karena itu masyarakat di pesisir Cilacap diminta untuk berhati-hati.

Hingga akhir video tidak dijelaskan mengenai adanya peristiwa gelombang tinggi yang menghanyutkan satu kota penuh.

===========

 [REFERENSI] :

https://radarbanyumas.disway.id/read/114505/tinggi-gelombang-di-perairan-cilacap-masuk-kategori-sedang-ketinggian-capai-25-meter