[SALAH] Asam Urat dan Kolesterol Tinggi Bisa Disembuhkan dengan Pijat Refleksi Kaki

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya Dekan Fakultas Kedokteran UI, Ari Fahrial Syam pada 2023 telah menjelaskan bahwa kolesterol dan asam urat tidak turun hanya dengan pijat kaki. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: TikTok

https://archive.ph/N0WX9

= = =

Narasi:

“Asam Urat dan Kolesterol Tinggi Asam Urat dan Kolesterol Tinggi bisa disembuhkan dengan pijat refleksi kaki Kali ini saya akan memberikan tutorial cara pijat refleksi untuk mengatasi asam urat tinggi dan kolesterol ya agar kita normalkan kolesterol ya yang bahunya sakit kolesterol tinggi tidak turun ke bawah tonton terus video ini dan yang punya asam urat tonton terus video ini sederhana sekali tapi Insya Allah bermanfaat ya oke langsung saja ke tutorial titik renungan mengatasi kolesterol dan asam urat ada disini guys ya disini dengan cara dipijat begini kawan ya tekan disini pijat disini dari bawah ke atas guys ya dengan tekanan keras disini mengeras ya disini tekan dulu berputar-putar dengan jarum jam ya 1-2 menit lalu setelah itu dari sini ke sini kita tarik pijat ya yang bahunya pegal atau pegal nya bahu terasa berat banget kolesterolnya gak turun pijat di area ini ya pijat di area ini keras ya di sini ya dengan keras siapa yang punya kolesterol pasti di sini sakit ya … satu pijatan juga bisa dirasakan bahunya pasti terasa ringan ya semoga kolesterolnya turun ya dan coba setelah pijatan ini dua yang ampuh poin mengatasi kolesterol dan asam urat ya dua poin ampuh tapi harus terus menerus dihaluskan atau dihaluskan ya seminggu seminggu tiga kali seminggu dua kali atau mau sehari sekali silahkan dihaluskan ya dimutasi tapi setelah dipijat minum air putih dua gelas ya minum air putih sahabat dua gelas oke guys itu info dari saya jika kalian suka dengan video saya jangan lupa klik like komen dan subscribe dan share ke semuanya ya yang belum subscribe subscribe lalu share video ini ya share video ini ke semuanya kalau memang ini video menurut temen-temen bermanfaat share saja ke semuanya biar temen-temen yang share share in ini bermanfaat guys terima kasih sampai jumpa di tutorial pijat berikutnya. Salam sehat Salam semoga lekas sembuh”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video TikTok dari @akang.madu.berkah pada 12 Juli 2024 membagikan informasi yang menyebut bahwa hanya dengan pijat kaki refleksi dapat menyembuhkan kolesterol dan asam urat. Dalam video juga memperlihatkan beberapa titik yang perlu ditekan pada saat melakukan pemijatan agar penyakit dapat disembuhkan.

Namun faktanya klaim ini menyesatkan. Seperti yang dilaporkan Pemeriksa Fakta Mafindo sebelumnya, Dekan Fakultas Kedokteran UI, Ari Fahrial Syam melalui AntaraNews pada Februari 2023 menyebut bahwa tindakan ini tidak dikenal dalam bidang kedokteran, ia juga membantah jika tindakan refleksi kaki tersebut dapat menyembuhkan kolesterol dan asam urat.

Selain itu, dilansir dari Tempo.co pada Mei 2023, Dokter penyakit dalam RS Eka Hospital BSD, Rudy Kurniawan menjelaskan bahwa pijat kaki tidak dapat menyembuhkan kolesterol. Harvard Medical School pada laman resminya menjelaskan bahwa pijat kaki dapat bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi, merangsang otot, mengurangi ketegangan, hingga meredakan nyeri. Namun tidak menjelaskan dapat menyembuhkan atau mengurangi asam urat dan kadar kolesterol.

Dengan demikian, asam urat dan kolesterol sembuh dengan pijatan kaki adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.antaranews.com/berita/3399255/misinformasi-pijat-kaki-mampu-sembuhkan-kolestrol

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2280/belum-ada-bukti-klaim-pijat-kaki-dengan-batu-sembuhkan-kolesterol

= = =