[PENIPUAN] Akun Instagram Raffi-Nagita Berbagi Hadiah melalui Pesan WhatsApp

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Akun tersebut adalah akun tiruan yang dapat digunakan untuk menipu dan merugikan masyarakat.

= = =

Kategori: Konten Tiruan

= = =

Sumber: Instagram

https://bit.ly/3WiNBcu

= = =

Narasi:

Akun Instagram @raffi_nagitaberbagi221: “RaffiNagitaberbagi1717. SILAHKAN ANDA KLIK LINK WA SAYA DI BAWAH INI AMBIL HADIAH KALIAN SEKARANG :phone::arrow_heading_down::point_down::point_down::point_down::point_down::point_down: Chat[dot]whatsapp[dot]com/E0aC1p4O5lB0rEjuXyNtII”

= = =

Penjelasan:

Terdapat sebuah akun di Instagram dengan username @raffi_nagitaberbagi221 membagikan postingan yang mengatasnamakan Raffi Ahmad dan istrinya, Nagita Slavina, berbagi hadiah kepada masyarakat. Hadiah tersebut dapat diambil dengan mengirim pesan melalui link WhatsApp yang disematkan pada bio. Saat artikel ini dibuat akun tersebut telah mendapatkan 244rb pengikut dengan 111 postingan.

Namun faktanya akun resmi Raffi dan Nagita dengan username @raffinagita1717 tidak pernah menyebut maupun me-mention adanya akun mereka yang dikhususkan untuk berbagi. Setelah ditelusuri link WhatsApp pada bio akun tersebut menuju pada grup yang mungkin saja digunakan pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menipu hingga merugikan masyarakat.

Sebelumnya Pemeriksa Fakta Mafindo juga telah membantah konten-konten tiruan yang mengatasnamakan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, beberapa konten tersebut serupa dengan postingan yang diunggah pada akun Instagram tersebut.

Dengan demikian, akun Instagram Raffi dan Nagita berbagi hadiah adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.instagram.com/raffinagita1717

= = =