[SALAH] Pesan WhatsApp Mengenai WhatsApp Gold dan Video Matrinelli

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

WhatsApp meluncurkan WhatsApp Gold dan Video Martinelli jika dibuka akan terkena virus merupakan hal yang tidak benar. Faktanya, pihak WhatsApp menjelaskan tidak pernah mengembangkan aplikasi bernama WhatsApp dan video Martinelli juga tidak benar. Informasi tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: WhatsApp

= = = = =

NARASI:
“Hari ini di radio orang2 berbicara tentang Whatsapp Gold.
Konon akan ada video yang akan diluncurkan besok di Whatsapp dan disebut Martinelli. Jangan buka. Bila masuk ke ponsel Anda dan tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya.
Sebarkan berita ini kepada teman yang Anda kenal.
Jika Anda menerima pesan untuk memperbarui WhatsApp Gold Jangan dibuka!
Mereka baru saja mengumumkan bahwa virusnya serius.
Kirimkan ke semua orang yang Anda kenal.”

= = = = =

PENJELASAN:
Beredar pesan WhatsApp informasi mengenai WhatsApp Gold, selain itu WhatsApp akan meluncurkan video yang bernama Martinelli. Pesan tersebut juga menghimbau jangan membuka ketika ada pesan untuk memperbaharui WhatsApp Gold karena terdapat virus.

Setelah ditelusuri menggunakan kata kunci WhatsApp Gold ditemukan artikel pada website turnbackhoax.id berjudul “[SALAH] Virus Ponsel dari Memperbarui WhatsApp Gold dan Video Martinelli” yang diunggah 24 Juli 2023. Berdasarkan informasi pada artikel ditemukan fakta bahwa informasi tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Selain muncul di 2023 hoaks tersebut muncul di tahun 2020. video ‘Martinelli’ muncul pertama kali dengan bahasa Spanyol di tahun 2017, sedangkan WhatsApp Gold, yang juga dikenal sebagai WhatsApp Plus, muncul pertama kali pada tahun 2016 yang lalu.

Pihak WhatsApp menjelaskan bahwa WhatsApp Gold yang juga disebut WhatsApp Plus bukan aplikasi yang dikembangkan oleh WhatsApp. Pihaknya juga menghimbau untuk mencopot pemasangan versi tidak resmi, seperti hal tersebut. Sedangkan mengenai Martinelli berdasarkan artikel yang diunggah inet.detik.com pada Jumat 4 Januari 2019 tidak ada indikasi video tersebut benar-benar ada.

Dengan demikian informasi mengenai WhatsApp meluncurkan WhatsApp Gold dan Video Martinelli jika dibuka akan terkena virus merupakan hal yang tidak benar. Pihak WhatsApp menjelaskan tidak pernah mengembangkan aplikasi bernama WhatsApp dan video Martinelli juga tidak benar. Informasi tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar, sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://turnbackhoax.id/2023/01/24/salah-virus-ponsel-dari-memperbarui-whatsapp-gold-dan-video-martinelli/
https://turnbackhoax.id/2020/11/24/salah-pesan-tentang-whatsapp-gold-dan-video-martinelli-dan-dance-of-the-pope-yang-dapat-meretas-ponsel/
https://inet.detik.com/security/d-4370754/soal-pesan-whatsapp-gold-dan-virus-martinelli-apa-itu