[SALAH] Foto Seorang Penembak Trump yang Tewas di Tempat

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya foto tersebut merupakan seorang jurnalis asal Italia yang bernama Marco Violi, sedangkan penembak Trump adalah Thomas Matthew asal Pennsylvania.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.ph/KUA0b

= = =

Narasi:

“Penembak Trump Penembaknya, yang diidentifikasi sebagai Mark Violets, tewas di tempat. Sebelum penyerangan, Violet mengunggah video ke YouTube yang menyatakan bahwa ‘keadilan akan datang’.”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari AFP.

Beredar postingan di Twitter dari akun @bdleonanda pada 14 Juli 2024 yang menyebut bahwa foto pada postingan tersebut merupakan seorang penambak Donald Trump.

Namun faktanya dilansir dari AP News bahwa FBI telah mengidentifikasi bahwa penembak Trump adalah Thomas Matthew Crock asal Pennsylvania. Hasil penelusuran AFP menemukan bahwa foto seorang yang diklaim penembak Trump dalam postingan tersebut adalah Marco Violi, seorang jurnalis asal Italia.

Mengutip dari AFP, Marco Violi melalui Instagramnya secara tegas telah mengklarifikasi bahwa dirinya tidak memiliki sangkut paut dengan insiden dari penembakan Donald Trump. Ia juga menegaskan bahwa saat kejadian tersebut dirinya sedang berada di Roma, Italia, dan tidak mengetahui kejadian penembakan tersebut.

Dengan demikian, klaim foto seorang penembak Donald Trump adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.364D2QM

https://apnews.com/article/trump-rally-assassination-attempt-db24c5bfbbe7d09fa2437c3c836bb434

= = =