[SALAH] Video Proses Pembuatan Tropi Piala Dunia

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Faktanya video tersebut adalah proses pembuatan trofi tiruan Piala Dunia, bukan yang asli.

[KATEGORI]
Satire/parodi

[SUMBER]
TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1721637244.952781/index.html

[NARASI]
“BEGINILAH PROSES PEMBUATAN TROPI PIALA DUNIA YANG KITA SERING SAKSIKAN DI TV”

[PENJELASAN]
Akun TikTok @mhd.arviansyah mengunggah video yang diklaim proses pembuatan trofi Piala Dunia yang sering muncul di televisi. Video itu memperlihatkan proses pembuatan trofi dari bahan semen, hingga akhirnya menjadi mirip seperti trofi Piala Dunia asli yang berlapis emas. Unggahan itu telah dilihat 7 juta pengguna TikTok.

Faktanya, video itu adalah proses pembuatan trofi tiruan Piala Dunia, bukan yang asli. Unggahan tersebut diambil dari akun TikTok @dovaninhlifeart, seorang pematung yang merupakan pengunggah video pertama proses pembuatan tiruan trofi Piala Dunia dari semen.

Dilansir dari laman resmi FIFA, bahan trofi Piala Dunia asli terbuat dari emas murni 18 karat. Trofi ini memiliki tinggi 36,8 cm dan berat 6,175 kg. Pada bagian dasarnya berdiameter 13 cm. Trofi asli Piala Dunia saat ini berada di markas FIFA yang berada di Zürich, Switzerland.

Trofi Piala Dunia tidak akan diserahkan kepada tim pemenang secara permanen. Sebagai gantinya, pemenang Piala Dunia mendapatkan trofi replika perunggu berlapis emas. Replika trofi tersebut dibuat oleh GDE Bertoni sebuah perusahaan Italia yang telah dipercaya bertahun-tahun membuat replika trofi Piala Dunia tersebut.

[REFERENSI]
https://www.tiktok.com/@dovanvinhlifeart/video/7370675924699712811

https://www.fifa.com/en/articles/world-cup-trophy-in-numbers-fifa-world-cup-qatar-2022

https://youtu.be/rtmS8AeMk78?si=YkApB2X94oyGmHJP

https://www.google.com/amp/s/news.detik.com/berita/d-6469419/bahan-trofi-piala-dunia-terbuat-dari-apa-ini-serba-serbi-dan-sejarahnya/amp