[PENIPUAN] Festival BRIMO 15 Juli 2024

Periksa Fakta Vania. 

Faktanya, akun facebook tersebut bukanlah merupakan akun resmi dari BRI. Tautan pendaftaran yang disertakan dalam unggahan juga tidak mengarah ke situs resmi milik Bank BRI. 

=====    

KATEGORI: Konten Tiruan

=====    

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/TDXO2

=====    

Narasi   
sobat BRI..!!
Yuk ikuti program Undian berhadiah FESTIVAL BRIMO khusus yang sudah menggunakan aplikasi BRImo bisa ikutan daftar secara Gratis..!!

Sobat bisa memenangkan HADIAH GRAND PRIZE dan hadiah lain nya.
Buruan daftar sekarang dengan cara Klik DAFTAR di bawah ini  
:arrow_down::arrow_down:

=====   

Penjelasan:   
Artikel disadur dari Pemeriksa Fakta Tirto.
Sebuah akun facebook bernama BRImopoin Festival telah memposting sebuah postingan mengenai program undian berhadiah Festival BRIMO, dalam postingan tersebut juga mencantumkan tautan yang digunakan untuk pendaftaran undian. 

Dilansir dariĀ tirto.id, Tim Riset Tirto melakukan penelusuran ke situs resmi Bank BRIĀ bri.co.id. Berdasarkan penelusuran Tirto di situs resmi Bank BRI tersebut, tidak ditemukan informasi yang membenarkan klaim terkait adanya sejumlah undian berhadiah seperti yang dimuat di unggahan.

Tim Riset Tirto sendiri sempat mencoba melakukan penelusuran dengan mengeklik tautan pendaftaran yang ada dalam unggahan. Hasilnya, peringatan “situs berbahaya” muncul di situs web tersebut. Selain itu, tautan tersebut tidak mengarah ke situs web resmi Bank BRI. Situs web tersebut diketahui meminta data pribadi nasabah seperti nama lengkap, 16 digit nomor kartu, CVV (3 digit terakhir dari kartu terakhir), dan nomor handphone. 

Kemudian, Bank BRI sendiri hanya memiliki satu akun Facebook resmi yang disebut “Bank BRI (terverifikasi)”. Dalam situs web resminya, bank tersebut meminta pelanggan untuk berhati-hati terhadap tautan palsu yang disebut sebagai BRI. BRI juga meminta pelanggan untuk senantiasa menjaga kerahasiaan data pribadi mereka seperti nomor kartu, PIN, CVV/CVC, OTP, dan masa berlaku kartu.

=====     

Referensi:    
https://tirto.id/hoaks-link-undian-berhadiah-mengatasnamakan-bank-bri-gYt8?fbclid=IwZXh0bgNhZW0CMTEAAR0Omr6L6VbKeqfLZozPj-KPUqiNzFhdL3vcy_Ey9nR4aq5mGYfRIpi0P60_aem_EreZu9Nr68Qlgajq_NDm9g
https://turnbackhoax.id/2024/05/31/penipuan-gebyar-undian-brimo-festival/