[SALAH] VIDEO CRISTIANO RONALDO MENERTAWAKAN VIDEO TENTARA PALESTINA

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, video semacam itu dapat dengan mudah disandingkan dengan video yang berbeda-beda. Tidak ditemukan sumber asli video tersebut. Namun video reaksi CR7 tersebut rata-rata disandingkan dengan video-video lucu.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://ghostarchive.org/archive/JH0m7

=====
[NARASI]:

“Reaction CR7 :)”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan melalui media sosial Facebook, video dari pesepakbola ternama dunia, Cristiano Ronaldo (CR7). Dalam video unggahan akun Hendri Amboni, terlihat CR7 memperlihatkan reaksi tertawa terhadap video tentara Palestina. Lalu apakah benar, CR7 memang menertawakan video tentara Palestina tersebut?

Setelah melakukan penelusuran, tidak ditemukan video reaksi seperti yang terdapat di dalam unggahan tersebut. Jika melalui pencarian gambar di Google, dapat diketahui bahwa video CR7 ini dapat disandingkan dengan banyak video yang berbeda.

Salah satunya yang paling banyak ditonton dan disukai adalah video yang dibuat oleh akun Youtube bernama @FootballTaleshere yang diunggah pada 27 Mei 2023. Video pada akun Youtube tersebut mirip dengan video yang terdapat di dalam unggahan Facebook Hendri Amboni. Namun di dalam unggahan Youtube tersebut, CR7 sedang menertawakan sebuah video komedi yang tidak ada kaitannya dengan tentara Palestina.

=====
[REFERENSI]:

=====
https://www.facebook.com/groups/indonesiabersuara2021/permalink/4053495394878230