[SALAH] Foto “Seekor Pink Dolphin Langka Tak Sengaja Tertangkap Kamera”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya foto-foto tersebut tidak diambil dengan kamera, melainkan hasil buatan AI dengan probabilitas sebesar 99%. Memang benar terdapat lumba-lumba berwarna pink yang tinggal di Sungai Amazon, namun lumba-lumba spesies ini memiliki warna pink yang keabu-abuan tidak seperti foto tersebut.

= = =

Kategori: Konten Palsu

= = =

Sumber: TikTok

https://archive.ph/PkNoX

= = =

Narasi:

“Seekor Pink Dolphin Tak Sengaja Tertangkap Kamera”

“masyaallah :sob::sparkling_heart::dolphin:#fyppp #lumbalumbapink #always #pinkk #JelajahLiburan #dolphins”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah unggahan di TikTok yang menunjukkan lumba-lumba berwarna pink yang diklaim tidak disengaja tertangkap kamera.

Namun Pemeriksa Fakta Mafindo sebelumnya telah menelusuri faktanya foto lumba-lumba berwarna pink tersebut adalah buatan AI dengan probabilitas hingga 99%.

Kendati demikian, memang benar adanya lumba-lumba berwarna pink. Namun warna pink lumba-lumba dewasa spesies langka yang terancam punah tersebut sedikit ke abu-abuan, tidak seperti yang ditampilkan pada unggahan TikTok tersebut.

Diketahui spesies langka ini hidup di perairan keruh hutan Sungai Amazon, lumba-lumba pink ini hidup di air tawar, bukan di laut. Pada saat lahir, lumba-lumba ini memiliki warna abu-abu seperti lumba-lumba pada umumnya, namun seiring bertambahnya usia ia berubah warna menjadi pink keabu-abuan.

Dengan demikian, foto lumba-lumba pink tertangkap kamera adalah tidak benar dengan kategori Konten Palsu.

= = =

Referensi:

https://uk.whales.org/whales-dolphins/pink-dolphins

https://www.worldwildlife.org/species/amazon-river-dolphin

= = =