[SALAH] FOTO DR ISRAA, DOKTER RUMAH SAKIT INDONESIA DI GAZA UTARA

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, foto yang terdapat di dalam unggahan tersebut bukanlah foto dr. Israa yang terdapat di ulasan media resmi.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: FALSE CONTEXT/ Konteks yang Salah

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://ghostarchive.org/archive/r8FA0

=====
[NARASI]:

“Inaillahi wainna ilahi rojiun
Indonesia berduka atas meninggalnya dokter cantik yang bernama Isro beliu meninggal di Gaza utara dokter spesialis yang sangat di butuhkan di Gaza, keluarga dr Isro 17 tewas di rumah nya, pedawat zion tempur rumah dokter Isro supaya tidak ada lagi yang bisa membantu orang sakit dan terluka”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan melalui media sosial Facebook, narasi yang menyebutkan bahwa Indonesia berduka setelah meninggalnya seorang dokter perempuan di Gaza Utara bernama dr. Isro. Di dalam unggahan milik akun bernama Angely ini, dilampirkan juga sebuah foto seorang perempuan berseragam dokter yang menggunakan hijab. Dijelaskan bahwa meninggalnya dr. Isro diakibatkan serangan dari pesawat tempur milik Zionis. Namun apakah benar, bahwa foto perempuan yang ada di dalam unggahan tersebut adalah benar dr. Isro?

Setelah melakukan penelusuran terhadap unggahan tersebut, ditemukan informasi yang menunjukkan bahwa unggahan tersebut mengandung kekeliruan.

Melansir dari artikel milik Mina News, dokter perempuan tersebut memiliki nama lengkap Dr. Israa Abdullah Al Ashqar, spesialis resusitasi dan anastesi. Dr Israa diketahui bekerja di Rumah Sakit Indonesia di Gaza Utara. Kabar kesyahidannya disebar oleh akun X Martyrs of Gaza pada Senin, 13 November 2023.

Namun, foto dr. Israa yang diunggah di dalam akun Facebook tersebut, berbeda dengan gambar dr. Israa sebenarnya. Foto dr. Israa dapat dilihat dalam laman milik healthcareworkerswatch.org, dalam artikel berjudul “Under Construction Wall of Honour In memory of healthcare workers killed in Palestine by IOF since October 7, 2023”.

Jadi dapat disimpulkan, foto dr. Israa dalam unggahan akun Facebook tersebut merupakan sebuah kekeliruan yang termasuk dalam kategori false context atau konteks yang salah.

=====
[REFERENSI]:

https://minanews.net/dokter-wanita-rs-indonesia-di-gaza-dikabarkan-syahid

=====
https://www.facebook.com/story.php?id=2233524413542013&story_fbid=4053682961526140