[PENIPUAN] Video Testimoni dan Promosi Obat Nyeri Sendi oleh Aa Gym

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya audio dalam video tersebut sebesar 98% memiliki probabilitas buatan AI, video asli yang dipublikasi Aa Gym melalui Instagramnya membicarakan mengenai pentingnya bekerja keras dan mencari ridha Allah.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/3WqN7Tj

Arsip video: https://bit.ly/3S0JJeV

= = =

Narasi:

“Hentikan penggunaan panadol dan voltaren untuk meredakan nyeri sendi, beri saya waktu 30 detik untuk menjelaskannya. Metode pengobatan yang sebenarnya berbeda dengan yang biasa Anda lakukan, masalahnya adalah obat-obatan yang populer hanya meredakan rasa sakit sementara tulang rawan yang meradang pada sendi Anda terus memburuk. Setelah hanya 4 hingga 8 jam, efek obat akan hilang dan rasa sakitnya kembali dengan kekuatan baru, kemudian Anda harus menggunakan obat penghilang rasa sakit lagi, dengan dosis yang terus meningkat hanya beberapa tahun saja hidup seperti ini dan Anda bahkan tidak akan bisa tidur nyenyak hanya nyeri sendi yang mengerikan. Hanya ada satu cara untuk menyingkirkan osteoartritis, radang send, asam urat, osteoporosis dan lainnya untuk selamanya. Bersama dengan tim yang terdiri dai 6 ahli terkemuka dari harvard medical school kami telah mengembangkan formula perawatan alami sendi yang unik ini adalah solusi terobosan baru. Cukup minum satu kapsul sehari selama tiga minggu dan persendian Anda akan pulih, peradangan akan hilang, jaringan tulang rawan akan beregenerasi, kelebihan asam urat akan keluar dari sendi dan tulang menjadi lebih kuat, Anda akan melupakan rasa sakit selamanya. Lebih dari 65.000 orang telah sembuh dari penyakit sendi selamanya, obat-obatan pintar akan melakukan semuanya untuk Anda”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Kompas.

Beredar sebuah video yang menunjukkan Aa Gym memberikan testimoni obat nyeri sendi yang diklaim dari obat tersebut jika dikonsumsi rutin satu kapsul sehari selama tiga minggu maka persendian akan pulih dan rasa sakit akan hilang untuk selamanya. Pada akhir video terlihat produk yang dibicarakan tersebut untuk mempromosikannya.

Namun setelah ditelusuri keaslian audio dalam video tersebut dengan elevenlabs.io untuk mengetahui apakah suara tersebut adalah buatan AI, faktanya ditemukan hasil sebesar 98% audio tersebut memiliki probabilitas adalah buatan AI.

Penelusuran oleh Tim Cek Fakta Kompas.com, ditemukan video asli yang diunggah Aa Gym di akun Instagramnya pada 23 Juni 2024. Dalam video asli Aa Gym berbicara mengenai pentingnya bekerja keras dan mencari ridha Allah.

Dengan demikian, video testimoni dan promosi obat nyeri oleh Aa Gym  adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://elevenlabs.io/ai-speech-classifier

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/07/08/142800082/-hoaks-video-aa-gym-promosikan-obat-nyeri-sendi

= = =