[SALAH] Video Berita Anak 12 Tahun Kecanduan Bermain Slot

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang dimanipulasi. Video berita tersebut tidak ada hubungannya dengan anak berumur 12 tahun yang kecanduan bermain slot. Video yang asli memberitakan seorang anak yang mengalami kerusakan mata karena kecanduan gadget.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/5WVR5

=====

Narasi:
“VIRAL di Indonesia bocah 12 tahun kecanduan bermain game”.

=====

Penjelasan:
Akun Facebook Putra Andara mengunggah video berita mengenai anak 12 tahun yang kecanduan bermain slot dan dibolehkan oleh orang tuanya karena selalu menang. Video tersebut juga memperlihatkan reporter yang melakukan wawancara dengan orang tua sang anak yang diklaim kecanduan bermain slot. Video yang diunggah pada 16 Juli itu telah disukai oleh 5,600 orang dan dilihat sebanyak 243,000 kali.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Video yang sama persis seperti yang diunggah oleh Putra Andara, juga pernah diunggah oleh kanal media iNews di YouTube resminya dengan judul “Vicko, Bocah yang Alami Kecanduan Gadget hingga Mata Memerah”. Video itu diunggah oleh iNews pada 25 Juli 2019.

Selain itu, terdapat pertanda jelas yang bisa diamati pada video yang diunggah oleh Putra Andara tersebut. Terlihat bahwa audio berita tersebut tidak cocok dengan bibir pembaca berita wanita pada menit ke 0:01 sampai 0:09.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh Putra Andara merupakan konten yang dimanipulasi.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=x0mTRBrGLIg