[SALAH] Timnas Jepang Didiskualifikasi FIFA, Indonesia Lolos Piala Dunia 2026

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Tidak benar bahwa FIFA mendiskualifikasi Timnas Jepang. Judul dan isi video tidak ada kesesuaian. Narator dalam video hanya membacakan artikel di salah satu laman nasional tentang peluang Timnas Indonesia segrup dengan Jepang di kualifikasi Piala Dunia 2026.

====
[KATEGORI] Konten palsu

====
[SUMBER ] Youtube
https://arsip.cekfakta.com/archive/1721723219.783879/index.html

====
[NARASI]
Kabar Gembira !!! FIFA Resmi Diskualifikasi Timnas Jepang, Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia 2026

====
[PENJELASAN]
Sebuah unggahan di Youtube menyatakan bahwa FIFA resmi mendiskualifikasi Timnas Jepang sehingga Indonesia dapat lolos di Piala Dunia 2026.

Setelah melihat video secara keseluruhan ternyata judul dengan isi video tidak sesuai. Narator dalam video ini tidak menyampaikan pernyataan yang diklaim melainkan hanya membacakan sebuah artikel berjudul “Shin Tae Yong Bicara Soal Peluang Timnas Indonesia Segrup Dengan Jepang Hingga Australia Di Kualifikasi Piala Dunia 2026”. Pemeriksa fakta mencoba mencari judul artikel di internet dan menemukan di laman Bolasport.

Selain itu, melansir dari http://detik.com untuk lolos di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia, Timnas Indonesia harus menjalani beberapa pertandingan dengan Timnas Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China. Pertandingan ini akan dimulai pada September mendatang.

Dengan demikian, unggahan tentang FIFA yang mendiskualifikasi Timnas Jepang dan Indonesia lolos Piala Dunia 2026 tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://www.bolasport.com/amp/read/314122260/shin-tae-yong-bicara-soal-peluang-timnas-indonesia-segrup-dengan-jepang-hingga-australia-di-kualifikasi-piala-dunia-2026

https://sport.detik.com/sepakbola/liga-indonesia/d-7411494/jadwal-indonesia-di-kualifikasi-piala-dunia-2026-babak-ketiga/amp