[SALAH] SAYYID ZULFIKAR CUCU CICITNYA NABI MUHAMMAD SAW

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, dari pihak Sayyid Zulfikar, tidak pernah mengakui dirinya sebagai bagian dari Habib atau keturunan Rasulullah SAW. Selain itu, tidak terdapat hasil tes DNA resmi yang menunjukkan bahwa antara Sayyid Zulfikar dengan Nabi Muhammad SAW memiliki DNA yang sama.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====
[SUMBER]: FACEBOOK
https://ghostarchive.org/archive/bKsmY

=====
[NARASI]:

“Ini CUCU CICITNYA NABI MUHAMMAD SAW.DNA.J1.ASLI PRIBUMI NUSANTARA SAYYID ZULFIKAR
TES DNANYA SAMA DENGAN RASULULLAH SAW.INILAH YANG ASLI”

=====
[PENJELASAN]:

Sebuah unggahan yang membahas mengenai cucu Nabi Muhammad SAW kembali beredar melalui media sosial Facebook. Akun bernama Cindy Claudia, membagikan sebuah narasi dan foto seorang laki-laki yang disebut Sayyid Zulfikar. Disebutkan bahwa Sayyid Zulfikar merupakan Cucu Cicitnya Nabi Muhammad SAW dengan status DNA asli dan sama dengan milik Rasulullah SAW. Namun apakah benar, terdapat cucu cicitnya Nabi Muhammad SAW yang memiliki DNA sama bernama Sayyid Zulfikar?

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai informasi pada unggahan tersebut, ditemukan fakta yang menunjukkan bahwa unggahan tersebut mengandung kekeliruan. Pasalnya, tidak ada informasi resmi yang mengulas mengenai Sayyid Zulfikar sebagai cucu cicitnya Nabi Muhammad SAW. Selain itu, tidak terdapat informasi resmi yang menunjukkan bahwa Sayyid Zulfikar memang memiliki DNA yang sama dengan Nabi Muhammad SAW.

Melansir dari artikel dari media mengerti.id, anak perempuan dari Sayyid Zulfikar  memang menerangkan mengenai silsilah keluarga ayahnya yang disebut pernah tercatat di Naqobah As-Saadah Al-Asyrof (Persatuan Para Sayyid & Syarif sedunia) Internasional di negara asal leluhurnya, yaitu Veve Zulfikar. Namun di dalam ulasan artikel tersebut, Zulfikar menyatakan bahwa dirinya tidak pernah mengaku sebagai Habib atau keluarga Rasulullah. Bahkan sebutan Sayyid di depan namanya, kata dia, itu bukan ia mengaku tetapi karena diakui.

Perlu diketahui, pengecekan terhadap silsilah keturunan Nabi Muhammad SAW dilakukan bukan melalui tes DNA secara medis. Hal ini disampaikan oleh Ketua Maktab Daimi Rabithah Alawiyah (Tahun 2017), Ustaz Ahmad bin Muhammad Alatas. Beliau menyatakan, bahwa untuk mengecek seseorang merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW, maka perlu dilihat silsilah nasabnya dengan mengacu pada buku-buku besar hasil pencatatan nasab alawiyyin.

Jadi dapat disimpulkan, unggahan yang mengklaim bahwa Sayyid Zulfikar merupakan cucu cicitnya Nabi Muhammad SAW karena memiliki DNA yang sama, merupakan klaim yang tidak berdasar dan keliru. Konten seperti ini dapat dikategorikan sebagai konten menyesatkan atau misleading content.

=====
[REFERENSI]:

https://www.mengerti.id/entertainment/6649182508/profil-dan-biodata-sayyid-zulfikar-basyaiban-al-idrisi-keturunan-nabi?page=2&_gl=1*ao7rja*_ga*SDhEVnlFQzhQemhXc2JnOElKN3JnQUxQb0hDY1hoSWpVS0hVR0l0SEtrbkM0UjhvZHFheWN4S1p1WHVPTVFaSg..

Mirip dengan artikel turnbackhoax.id

https://turnbackhoax.id/2024/05/17/salah-kemenag-yang-mengaku-cucu-rasulullah-saw-wajib-tes-dna-terlebih-dahulu/

https://khazanah.republika.co.id/berita/sfd1fu483/ditantang-tes-dna-bagaimana-metode-pencatatan-nasab-keturunan-nabi-di-indonesia-part1

{“remix_data”:[],”remix_entry_point”:”challenges”,”source_tags”:[“local”],”origin”:”unknown”,”total_draw_time”:0,”total_draw_actions”:0,”layers_used”:0,”brushes_used”:0,”photos_added”:0,”total_editor_actions”:{},”tools_used”:{“transform”:1},”is_sticker”:false,”edited_since_last_sticker_save”:true,”containsFTESticker”:false}

=====

https://www.facebook.com/cindy.claudia.2023/videos/876518254301593/?idorvanity=2233524413542013&mibextid=rS40aB7S9Ucbxw6v